MENU

Friday, October 16, 2015

LOGIKA INFORMATIKA: MENGENAL KONJUNGSI, DISJUNGSI, IMPLIKASI DAN BIIMPLIKASI


Pengertian, Sejarah, dan Cabang-cabang Ulumul Hadits PEMBAHASAN



2.1   Pengertian Ulumul Hadist
Ulumul Hadits adalah istilah ilmu hadits di dalam tradisi Ulama Hadits (arabnya : ‘Ulum al-Hadits). Dari segi bahasa ilmu hadist terdiri dari dua kata yakni ilmu dan hadist, secara sederhana ilmu artinya pengetahuan, knowledgr, dan science,[1] sedangkan hadist secara etimologis, hadist memiliki makna jadid, qorib, dan khabar.[2] Adapun pengertiannya sebagai berikut:
a.      Jadid, lawan qadim: yang baru (jamaknya hidast, hudatsa, dan huduts);
b.      Qorib: yang dekat, yang bekum lama terjadi;
c.       Khabar: warta, yakni: sesuatu yang dipercakapkan dan dipindahkan dari seseorang yang lain (Hasbi Asshiddiqy, 1980 : 20)
Adapun pengertian hadist secara terminologis menurut Ahli Hadist:
اَقْوَالُهُ صَلَّي اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاَفَعَاله وَأَحْوَالُهُ
“Segala ucapan, segala perbuatan dan segala keadaan atau perilaku Nabi SAW” (Mahmud Thahan, 1978 : 155)
Dengan demikian Ulumul Hadits adalah ilmu-ilmu yang membahas atau berkaitan dengan hadits Nabi SAW. Para ulama ahli hadist banyak yang memberikan definisi ilmu hadist, di antaranya Ibnu Hajar Al-Asqalani:
الْقَوَاعِد المُعَرِفَةُ بِحَالِ الرَّاوِي وَالْمَرْوِيٌ
“Kaidah-kaidah yang mengetahui keadaan perawi dan yang diriwayatkan”[3]
            Dari definisi di atas dapat dijelaskan bahwa ilmu hadist adalah ilmu yang membicarakan tentang keadaan atau sifat para perawi dan yang diriwayatkan.
Ilmu hadits yakni ilmu yang berpautan dengan hadits. Apabila dilihat kepada garis besarnya, Ilmu Hadits terbagi menjadi dua macam. Pertama, Ilmu Hadits Riwayat (riwayah). Kedua, Ilmu Hadits Dirayat (dirayah).
a.      Ilmu Hadist Riwayah
Menurut bahasa riwayah dari akar rawa, yarwi, riwayatan yang berarti an-naql = memindahkan dan penukilan, adz-dzikr = penyebutan, dan al-fath = pemintalan. Seolah-olah dapat dikatakan periwayatan adalah memindahkan berita atau menyebutkan berita dari orang-orang tertentu kepada orang lain dengan dipertimbangkan/dipintal kebenarannya.[4]
Objek kajian ilmu Hadis Riwayah adalah Hadis Nabi saw dari segi periwayatan dan pemeliharaannya. Hal tersebut mencakup:
a.      Cara periwayatan Hadis, baik dari segi cara penerimaan dan demikian juga dari cara penyampaiannya dari seorang perawi ke perawi lain;
b.      Cara pemeliharaan Hadis, yaitu dalam bentuk penghafalan, penulisan, dan pembukuannya.
b.      Ilmu Hadist Dirayah
Ilmu Hadist Dirayah, dari segi bahasa kata berasal dari kata dara, yadri, daryan, dirayatan/dirayah = pengetahuan, jadi yang dibahas nanti dari segi pengetahuannya yakni pengetahuan tentang hadist atau pengantar ilmu hadist.[5]
Ibn al-Akfani memberikan Ilmu Hadis Dirayah sebagai berikut: dan Ilmu Hadis yang khusus tentang Dirayah adalah ilmu yang bertujuan untuk mengetahui hakikat riwayat, syarat-syarat, macam-macam, dan hukum-hukumnya, keadaan para perawi, syarat-syarat mereka, jenis yang diriwayatkan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya.
a)      Syarat-syarat riwayat, yaitu penerimaan para perawi terhadap apa yang diriwayatkannya dengan menggunakan cara-cara tertentu dalam penerimaan riwayat (cara-cara tahammul al-Hadits), seperti:
·         Sama’ (perawi mendengarkan langsung bacaan Hadis dari seorang guru),
·         Qira’ah (murid membacakan catatan Hadis dari gurunya di hadapan guru tersebut),
·         Ijazah (memberi izin kepada seseorang untuk meriwayatkan suatu Hadis dari seorang ulama tanpa dibacakan sebelumnya kepada seorang untuk diriwayatkan),
·         Kitabah (menuliskan Hadis untuk seseorang),
·         Munawalah, (menyerahkan suatu hadis yang tertulis kepada seseorang untuk diriwayatkan),
·         I’lam (memberitahu seseorang bahwa Hadis-Hadis tertentu adalah koleksinya),
·         Washiyyat (mewasiatkan kepada seseorang koleksi hadis yang dikoleksinya), dan
·         Wajadah (mendapatkan koleksi tertentu tentang Hadis dari seorang guru).
b)      Objek kajian atau pokok bahasan Ilmu Hadis Dirayah ini, berdasarkan definisi di atas, adalah sanad dan matan Hadis.
Pembahasan tentang sanad meliputi:
a.      Segi persambungan sanad (ittishal al-sanad), yaitu bahwa suatu rangkaian sanad Hadis haruslah bersambung mulai dari Sahabat sampai pada Periwayat terakhir yang menuliskan atau membukukan Hadis tersebut; oleh karenanya, tidak dibenarkan suatu rangkaian sanad tersebut yang terputus, tersembunyi, tidak diketahui identitasnya atau tersamar:
b.      Segi kepercayaan sanad (tsiqat al-sanad), yatu setiap perawi yang terdapat di dalam sanad suatu Hadis harus memiliki sifat adil dan dhabith (kuat dan cermat hafalan atau dokumentasi Hadisnya );
c.       Segi keselamatan dan kejanggalan (syadz);
d.      Keselamatan dan cacat (‘illat); dan
e.       Tinggi dan rendahnya martabat suatu sanad.
Pembahasan mengenai matan adalah meliputi segi ke-shahih-an atau ke dhaifan-nya. Hal tersebut dapat dilihat dari kesejalananya dengan makna dan tujuan yang terkandung di dalam al-quran, atau selamatnya:
a.      Dari kejanggalan redaksi (rakakat al-faz);
b.      Dari cacat atau kejanggalan dari maknanya (fasad al- ma’na), karena bertentangan dengan akal dan panca indera, atau dengan kandungan dan makna al-qur’an, atau dengan fakta sejarah; dan
c.       Dari kata-kata asing (gharib), yaitu kata-kata yang tidak bisa dipahami berdasarkan maknanya yang umum dikenal.
2.2  Sejarah Perkembangan Ilmu Hadits
Pada mulanya, Ilmu Hadits memang merupakan beberapa ilmu yang masing-masing berdiri sendiri, yang berbicara tentang Hadits Nabi SAW dan para perawinya, seperti Ilmu Hadits al-Shahih, Ilmu al-Mursal, Ilmu al-Asma’ wa al-Kuna, dan lain-lain. Penulisan Ilmu-Ilmu Hadits secara parsial dilakukan, khususnya oleh para ulama abad ke-3 H. Umpamanya, Yahya ibnu Ma’in (234 H/848 M) menulis Tarikh al-Rijal, Muhammad ibn Sa’ad (230 H/844 M) menulis Al-‘Ilal dan Al-Kuna, Muslim (261 H/875 M) menulis kitab al- Asma’ wa al-Kuna, Kitab al- Thabaqat dan kitab al- ‘Ilal dan lain-lain.
Ilmu-ilmu yang terpisah dan  bersifat parsial tersebut disebut dengan Ulumul Hadits, karena masing-masing membicarakan tentang hadits dan perawinya. Akan tetapi, pada masa berikutnya, ilmu-ilmu yang terpisah itu mulai digabungkan dan dijadikan satu, serta selanjutnya, dipandang sebagai satu disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
Terhadap ilmu yang sudah digabungkan dan menjadi satu kesatuan tersebut tetap dipergunakan nama Ulumul Hadits, sebagaimanahalnya sebelum disatukan. Jadi penggunaan lafaz jama’ Ulumul Hadits, setelah keadaannya menjadi satu, adalah mengandung makna mufrad atau tunggal, yaitu Ulumul Hadits, karena telah terjadi perubahan makna lafaz tersebut dari maknanya yang pertama –beberapa ilmu yang terpisah- menjadi nama dari suatu disiplin ilmu yang khusus, yang nama lainnya adalah Mushthalah Hadits. Para ulama yang menggunakan nama Ulum al-hadits, diataranya adalah Imam al-Hakim al-Naisaburi (405 H/1014 M), Ibnu al-Shalah (643 H/1246 M), dan ulama kontemporer seperti Zhafar Ahmad ibn Lathif al-Utsmani al-Thawani (1394 H/1974 M) dan Subhi al-Shalih. Sementara itu, beberapa ulama yang datang setelah Ibn al-Shalah, seperti al-‘Iraqi (806 H/1403 M) dan al-Suyuthi (911 H/1505 M), menggunakan lafaz mufrad, yaitu Ilmu al-Hadits, di dalam berbagai karya mereka.
2.3  Cabang-cabang Ilmu Hadist
a.      Ilmu Rijal al-Hadits
عِلْمُ يُبْحَثُ فِيْهِ عَنْ رُوَاةٍ الْحَدِيْثِ مِنَ الصَّحَا بَةِ وَالتَّا بِعِيْنَا وَمَنْ بَعْدَا هُمْ
“Ilmu yang membahas para perawi hadits, baik dari sahabat, dari tabi’in, maupun dari angkatan-angkatan sesudahnya.”
b.      Ilmu Jarh wa at-ta’dil
عِلْمٌ يُبْحَثُ فِيْهِ عَنْ جَرْحِ الرَّوَاةِ وَتَعْدِيْلِهِمْ بِاَ لْفَاظٍ مُخْصُوْصَةٍ وَعَنْ مَرَا تِبِ تِلْكَ اْلأَلْفَاظِ
“ Ilmu yang menerangkan tentang hal cacat-cacat yang dihadapkan para perawi dan tentang penta’dilannya (memandang adil para perawi) dengan memakai kata-kata yang khusus dan tentang martabat-martabat kata-kata itu.”
c.       Ilmu Fann al-Mubhamat
عِلْمٌ يُعْرَفُ بِهِ الْمُبْهَمُ الَّذِى وَقَعَ فِى الْمَتْنِ اَوْفِى السَّنَدِ
“Ilmu untuk mengetahui nama orang-orang yang tidak disebut di dalam matan atau di dalam sanad.”
d.      Ilmu Tashhif wa at-Tahrif
عِلْمٌ يُعْرَفُ بِهِ مَا صَحِّفَ مِنَ اْلاَحَادِيْثِ وَمَا حُرِّفَ مِنْهَا
”Ilmu yang menerangkan hadits-hadits yang sudah diubah titiknya (yang dinamai Mushahaf) dan bentuknya yang dinamai Muharraf.”
e.      Ilmu ‘Ilal al-Hadits
عِلْمٌ يُبْحَثُ فِيْهِ عَنْ اَسْبَا بِ غَا مِضَةٍ خَفِيَّةٍ خَادِجَةٍ فِى صِحَّةِ الْحَدِيْثِ
“Ilmu yang menerangkan sebab-sebab yang tersembunyi, tidak nyata, yang dapat merusak hadits.”
f.       Ilmu Gharib al-Hadits
عِلْمٌ يُعْرَفُ بِهِ مَعْنَى مَا وَقَعَ فِى مُتُوْنِ اْلاَحَادِيْثِ مِنَ اْلاَ لْفَاظِ اْلعَرَبِيَةِ عَنْ اَذْ هَا نِ الَّذِ يْنَ بَعْدَ عَهْدِهِمْ بِا لْعَرَبِيَةِ الْخَا لِصَةِ
”Ilmu yang menerangkan makna kalimat-kalimat yang terdapat dalam matan hadits yang sukar diketahui maknanya dan yang kurang terpakai oleh umum.”

g.      Ilmu Nasikh wa al-Mansukh
عِلْمٌ يُبْحَثُ فِيْهِ عَنِ النَّا سِخِ وَالْمَنْسُوْخِ مِنَ اْلاَ حَا دِيْثِ
“ Ilmu yang menerangkan hadits-hadits yang sudah di mansuhkan dan yang menashihkannya.”
h.      Ilmu Asbab Wurud al-Hadits
عِلْمٌ يُعْرُفُ بِهِ السَّبَبُ الَّذِى وَرَدَ لِاَجْلِهِ الْحَدِيْثُ وَالزَّمَا نُ الَّذِى جَاءَ فِيْهِ
“Ilmu yang menerangkan sebab-sebab nabi menuturkan sabdanya dan masa-masanya nabi menuturkan itu.”
i.        Ilmu Talfiq al-Hadits
عِلْمٌ يُبْحَثُ فِيْهِ عَنِ التَّوْفِيْقِ بَيْنَ اْلاَحَادِيْثِ الْمُتَنَا قِضَةِ ظَا هِرًا
“Ilmu yang membahas tentang cara mengumpulkan antara hadits-hadits yang berlawanan zhahirnya.”
j.        Ilmu Musthalah Ahli Hadits
عِلْمٌ يُبْحَثُ فِيْهِ عَمَّا اَصْطَلَحَ عَلَيْهِ الْمُحَدِثُوْنَ وَتَعَارَفُوْهُ فِيْمَا بَيْنَهُمْ
“Ilmu yang menerangkan pengertian-pengertian (istilah-istilah yang dipakai oleh ahli-ahli hadits)”


Sunday, May 24, 2015

KONSELING SEBAGAI TEKNIK HUMAN RELATIONS

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Manusia adalah mahluk yang ciptakan dengan sesempurna mungkin, dengan diberikan suatu kemampuan berpikir, berakal, perasaan, kasih sayang dan lain sebagainya. Sehingga menjadikan hidup itu sebagai suatu soal permasalahan yang berada didalamnya antara sang pencipta dan hambanya. Sehingga menjadi suatu fenomena yang sangat indah dan berharga dalam kehidupan manusia itu. Namun, terkadang tidak semua manusia bias menikmati keindahan terebut atau mereka menikmatinya dengan jalan yang lain yang dianggap jalan tersebut dapat menjadi jawaban atas masalah dan keindahan kehidupan tersebut.
Dalam hal inilah manusia diciptakan dengan berbeda-beda pemikiran, berbeda pendapat dan lain sebagainya sehingga manusia yang satu dengan yang lain memiliki suatu kepribadian atau persona dalam mengemban masalah tersebut. Dari situlah terjadi perselisihan yang menjadi timbulnya suatu permasalahan.
Setiap manusia yang dilahirkan kemuka bumi ini, dia sudah mempunyai masalah yang besar yang sebenarnya yang harus dihadapi kedepannya, jika dikaji dalam penciptaan manusia itu dalam kitabnya. Karena sejak dalam kandungan ibu kita, segala pernak-pernik kehidupan sudah ditampakkan dalam diri kita bagaimana kita menetapkan suatu kehidupan yang indah lagi mengindahkan, susah lagi memberatkan, semuanya itu sudah disepakati antara diri sendiri dengan sang pencipta. Nah, terkait dengan hal demikianlah ketika di lahirkan kedunia, kita akan berhadapan dengan masalah-masalah yang akan kita hadapi walau masalah tersebut ada yang besar dan ada yang kecil.
Disinilah para pemakalah memcoba meringkas dan membahas mengenai masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari baik yang besar maupun yang kecil yang sering timbul pada kehidupan manusia. Sehingga masalah tersebut terkadang ada yang mudah diselesaikan dengan cepat dan terkadang masalah tersebut tuntas dengan jangka waktu yang sangat lama. Dari sini coba kita renungi dan pahami bahwa bagaimana sebenarnya kehidupan yang dipenuhi dengan banyak masalah. Mudah-mudahan dapat bermanfaat dan mencoba menyadari diri sendiri, kelebihan terkadang datang dengan sendirinya yang meliputi dari kekurangan kita.

BAB II
PEMBAHASAN
KONSELING SEBAGAI TEKNIK HUMAN RELATIONS
Konseling (counselings) merupakan kegiatan yang banyak dilakukan dalam human relations. Ditinjau dari segi komunikasi konseling adalah komunikasi antar persona. Yang bertindak sebagai konselor (counselor)adalah manajer atau pemimpin kelompok karya (kepala bagian, kepala seksi, supervisor. dsb) sedang konseli (counselee)-nya adalah karyawan yang menghadapi suatu masalah atau yang mendrerita frustasi.
Tujuan konseling ialah membantu para karyawan memecahkan masalahnya sendiri. Memecahkan masalah yang bersangkutan dengan karyawan, atau mengusahakian adanya suasana yang menimbulkan keberanian untuk memecahkan masalah yang mungkin ada. Ini tidak berarti, konselor memberikan arah yang khusus untuk dituruti oleh konseli. Konselor hanya memberikan nasehat. Konseli sendiri yang harus mengambil kesimpulan dan keputusan berdasarkan jalan yang dipilihnya sendiri. Jadi, konselor membantu konseli memperoleh pengertian tentang masalahnya. Selama masalahnya itu belum dimengerti dengan jelas untuk dihadapinya dengan jujur. Tidak akan dapat diambil langkah-langkah untuk memecahkannya. Aspek ini menyangkut perasaan. Konselor akan sukses, bila ia mengetahui “frame of reference” konseli.
Dalam kegiatan human relation ada dua jenis konseling yang dapat dilakukan oleh seorang manajer atau pemimpin kelompok karya. Ini tergantung dari pendekatan (aproach) yang dilakukan. Kedua jenis tersebut ialah Konseling yang langsung terarah (directive counseling) dan konseling yang tak langsung terarah (non-directive counseling).
A.    Konseling Terarah (Directive Counsling)
Konseling jenis ini sering dinamakan juga dengan the councelor-centered approach, yakni konseling pendekatannya terpusatkan kepada konselor. Dalam cara konseling seperti ini aktivitas yang utama terletak pada konselor. Pertama-tama konselor berusaha agar terjadi hubungan yang akrab, sehingga konseli menaruh kepercayaan kepadanya. Selanjutnyaia mengajukan pertanyaan-pertanyaan dalam rangka mengumpulkan informasi. Data yang ia peroleh ia analisis untuk pada tahap pada berikutnya melakukan diagnose, berusaha memahami masalah yang memberati konseli.untuk mengetahui diagnose yang tepat konselor memahami fakta yang berhubungan dengan masalahnya itu. Jjika konseli mengemukakan kesulitannya kepada konselor, maka konselor harus merasa pasti bahwa itulah masalah yang dihadapi konseli, yang menyebabkan konseli menderita frustasi, kecewa disebabkan tak dapat mengatasi kesulitannya. Konselor harus mengerti benar-benar mengenai data yang diperolehnya itu sehingga ia dapat melakukan interprestasi. Hanya bila ia mengerti dan dapat melakukan interprestasi, ia dapat memberikan nasehant-nasehat dan sugesti kepada konseli. Syarat-syarat sugesti ialah kepercayaan. Konseli akan kena sugesti, kalau ia menaruh kepercayaan kepada konselor; kalau konselor mempunyai kelebihan pengalaman dan pengetahuan dari konseli, dan bila tingkah laku konselor tidak tercela. Apabila konseli sudah bias dikuasai untuk memecahkan masalahnya (problem solving) tidaklah akan sukar. Akan tetapi untuk sampai kesitu, konselor perlu memahami sedikit  banyak psikologi, terutama psikologi tentang kepribadian (psychology personality).
B.     Konseling Tak Terarah (Non-Directive Counseling)
Konseling jenis ini disebut juga dengan the counselee centered approach (pendekatan yang terpusatkan pada konseli). Jenis ini dapat digunakan oleh orang yang tidak memiliki pengetahuan yang mendala tentang psikologi. Dibandingkan dengan “counslee centered approach counseling” yang tradisional itu, “counselee centered approach counseling” lebih ampuh dalam membantu karyawan yang menderita frustasi.
Dalam konseling jenis ini, aktivitas utama terletak pada pihak konseli sedang aktivitas konselor hanya berusaha agar konseli merasa mudah untuk memimpin dirinya sendiri. Konseli dibantu untuk merasa dirinya bebas untuk menyatakan isi hatinya, atau membicarakan sikapnya, untuk mengemukakan antagonismenya yang tertekan, keragu-raguannya, perasaan sedihnya, dan sebagainya. Dalam mengemukakan itu semua tidk dipaksa.

Meskipun dikatakan “non directive”, maksud konselor tetap hendak membantu konseli untuk mendiagnose gangguan jiwanya dan berusaha menghilangkan motif-motif yang menyebabkan gangguan itu.
Konselor berusaha agar konseli mencari jalan keluar sendiri dari kesukaran-kesukarannya. Untuk itu konselor menciptakan suatu suasana psikologis yang memungkinkan adanya saling mengerti, antusiasme, dan sikap ramah-tamah; suasana yang memungkinkan konseli untuk menyelidiki dirinya lebih dalam. Dalam dialog dari hati-kehati itu, konselor mendorong konseli untuk menyelidiki dirinya lebih dalam. Dengan mencetuskan isi hatinya itu, konmseli akan mengoreksi dirinya, mengingat-ingat hal-hal yang pernah dialaminya, dan memahami pengalaman-pengalaman itu. Dengan demikian motif-motif yang konstruktif akan lebig jelas baginyua, dan ia merasa kebutuhan akan motif-motif tesebut. Berdasarkan motif-motif tersebut dia kana memilih dengan bebas cara bertingkah laku yang baik; dan ia akan meninggalkan motif-motif dan cara bertingkah laku yang selama ini telah menggangunya.
Dalam Tanya jawab itu tugas konselor memang tidak mudah. Ia harus menyingkirkan sikap super, sedang persoalannya ia harus ditinjau dari dasar pihak konseli. Ia harus sanggup menempatkan diri konseli.
Norma R.F Maier dalam bukunya “Principles of Human relations” menyatakan, bahwa tujuan non-directive counseling adaalah memperoleh keringanan dari penderitaan, melokalisir dan memecahkan masalah, dan membetulkan cara pemecahan masalah. Jelasnya dalah sebagai berikut:
1.      Memperoleh keringanan dari penderitaan
Penderitaan disini ialah frustasi. Seseorang menderita frustasi , jika ia berada dalam situasi masalah (problem situation), yakni ia berada dalam keadaan terpkasa harus mengahadapi masalah, tetapi saat itu ia tidak mampu memecahkannya. Jika ia dalam situasi menghadapi masalah itu berada dalam kondisi yang menyenangkan, maka ia akan menghadapinya dengan tingkah laku memecahkan masalah (problem solving behavior). Akan tetapi, bila pada saat terdapat tekanan-tekanan, dan usaha memecahkan masalahnya akan gagal, maka problem solving behavior itu akan diambil-alih oleh emosi-emosi kemarahan dan ketakutan. Ini akan menimbulkan rasa permusuhan, kelakuan kekanak-kanakan atau bersikap keras kepala. Akibatnya akan lebih parah lagi, bilamana dalam situasi seperti itu orang lain tersangkut olehnya.
Untuk membetulkan kondisi frustasi ini, konselor harus berusaha mengalihkan kembali kekondisi yang mengandung niat untuk memecahkan masalah. Kalau ini berhasil, sekursang-kurangnya telah terbina kemungkinan untuk memecahkan masalah. Ini dapat dilaksanakan dengan baik, yakni dengan jalan membuat frustasinya itu dinyatakan (expressed). Dalam hal ini halangan-halangan untuk menyatakan perasaannya dengan bebas harus disingkirkan.
Mungkin saja seorang karyawan dihinggapi rasa permusuhan terhadap seorang karyawan lainnya. Jika rasa permusuhannya itu dapat dibebaskan, maka ia akan merasa dirinya lebih baik; dan selanjutnya cenderung akan menganggap kondisinya itu lebih sebagai masalah daripada sebagai perbuatan orang lain kepadanya. Sebelum keadaan pikirannya seperti itu dapat diperoleh, ia tidak akan mampu untuk menerima sugesti yang konstruktif; dan setiap sugesti untuk merobahnya akan ia hadapi dengan rasa marah atau perasaan tersinggumng. Bagi orang yang sedang menderita frustasi, setiap sugesti yang akan mengubahnya, akan dianggap sebagai suatu serangan. Dan ini malahan akan membuat kondisi yang akan diperbaiki lebih buruk lagi.jadi, agar konselor menjadi penolong bagi konseli yang frustased. Maka konselor harus menciptakan situasi dimana perasaan-perasaan konseli mudah dinyatakan sambil tidak menimbulkan kesulitan-kesulitan.
2.      Melokalisasikan dan memecahkan masalah
Jika seseorang berhasil dapat mengurangi frustasinya, ia akan dapat membuang perasaannya sendiri dan mencari sumber kesulitannya. Tetapi bila sumber frustasinya itu ternyata pristiwa beberapa tahun kebelakang, tidaklah mudah untk melokalisasikan masalah yang sebenarnya.
Kita mabil contoh seorang karyawan yang menderita frustasi dan menyalahkan gajinya yang sedikit. Setelah diselidiki dengan seksama, ternyata yang mendasari gangguan pikirannya itu ialah hubungan dengan istrinya yang kurang baik. Latar belakang kehidupan istrinya telah menyebabkan perkawinannya tidak harmonis. Sikap yang mengandung ketidak sesuaian itu direfleksikan ke hal yang lain, sehingga ia memandang tingkah laku orang lain sebagai diskriminasi dan penghindaran. Jadi masalah yang sebenarnya terdapat pada latar belakang kehidupannya yang ia tidak bias atasi dengan berhasil.
Pemecahan masalah hanya dapat dilakukan apabila kesulitan atau gangguan dapat dilokalisasikan. Kegiatan itu hanya konstruktif kalau seseorang mempunyai sikap untuk meneliti apa yang ia sendiri dapat melaksanakannya guna mengatasi kesulitannya itu. Selama ia menanti-nantikan kondisinya berubah atau mengaharapkan orang lain mengubahnya. Maka ia akan tetap apatis. Bersikap tidak perduli. Jadi sebenarnya tanggung jawab untuk memecahkan masalah harus ada pada orang yang menghadapi masalahnya sendiri.
Seorang konselor dalam memberikan bantuan kepada orang-orang yang menderita frustasi, harus mendorong orang itu untuk menyelidiki perasaannya terhadap berbagai orang, hal peristiwa, sehingga dapat melokalisasikan masalahnya. Konselor hendaknya membantu orang itu menemukan pemecahan masalahnya sendiri.
3.      Memperbaiki Cara Pemecahan Masalah
Bagi seorang pemimpin kelompok karya, adalah suatu keharusan untuk memperbaiki situasi pekerjaan, apa bila diketahuinya, bahwa situasi itu bias menimbulkan ada seorang karyawan. Jika, umpamanya ia melihat ada seorang karyawan wanita yang menyendiri dan seolah-olah diasingkan, maka situasi seperti itu perlu diperbaiki. Caranya, umpamanya kepada karyawan tersebut diberikan diberikan tugas khusus, sehingga ia tidak terasingkan lagi. Juga, dengan membawa dia kedalam diskusi untuk membicarakan sesuatu soal, akan menyebabkan dia merasa berharga dikalangan kawan sekerjanya. Diskusi kelompok akam dapat melindungi orang-orang yang merasa diasingkan.
Demikianlah beberapa hal sebagai petunjuk bagi seorang pemimpin kelompok karya yang bertindak sebagai konselor untuk memecahkan masalah pekerjaan dan masalah pribadi para karyawan. Dalam pelaksanaannya, konselor perlu memperhatikan  beberapa hal yang dibawah ini:
a.       Dengarkan dengan sabar dan menunjukkan minat yang menimbulkan keberanian pada konseli
b.      Jangan melakukan interupsi
c.       Jangan cepat-cepat mencela
d.      Jangan membantah atau berdebat
e.       Koreklah apa yang konseli ingin katakana, usahakan agar konseli mempunyai keberanian. Ajukanlah pertanyaan-pertanyaan yang membantu konseli berpikir, mengerti, serta menyatakan idea-idea dan perasaan-perasaan yang sebenarnya.
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan

B.     Saran 
SUSUNAN ACARA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI ISRA’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW YANG INSYAALLAH AKAN DILAKSANAKAN PADA TANGGAL 16 MEI 2015/1436 H
           
RANGKAIAN ACARA
WAKTU
OLEH
DURASI
TAMBAHAN WAKTU
1)  PEMBUKAAN

PEMANDU ACARA
10 MENIT

2)  PEMBACAAN GEMA WAHYU  ILAHI




3)  SAMBUTAN-SAMBUTAN
a.   SAMBUTAN KETUA  UMUM    PORKAS GEMABDYA


MASRIJAL



b.   SAMBUTAN KETUA PANITIA ISRA’ MI’RAJ

ARIF GUNAWAN


c.   SAMBUTAN DARI PERWAKILAN ALUMNI

YANG BERSEDIA TIDAK DIWAJIBKAN


4)  PEMBERIAN KONSUMSI

KETUA/SEKSI KONSUMSI
5 MENIT

5)  ACARA POKOK DARI PENCERAMAH





6) SESI TANYA JAWAB TTG ISRA’ MIRAJ


15 MENIT

7)  DOA / PENUTUP


TERSERAH USTAD LAAAH


 




                                                                                                                     Ade putra setiawansyah

Pengantar Retorika & Public Speaking


Definisi dan Tujuan
Retorika (rethoric) biasanya disinonimkan dengan seni atau kepandaian berpidato, sedangkan tujuannya adalah, menyampaikan fikiran dan perasaan kepada orang lain agar mereka mengikuti kehendak kita
Menurut Aristoteles, Dalam retorika terdapat 3 bagian inti yaitu :
1- Ethos (ethical) : Yaitu karakter pembicara yang dapat dilihat dari cara ia berkomunikasi
2- Pathos (emotional) : Yaitu perasaan emosional khalayak yang dapat dipahami dengan pendekatan “Psikologi massa”.
3- Logos (logical) : Yaitu pemilihan kata atau kalimat atau ungkapan oleh pembicara

Menurut Kenneth Burke, bahwa setiap bentuk-bentuk komunikasi adalah sebuah drama. Karenanya seorang pembicara hendaknya mampu ‘mendramatisir’ keadaan khalayaknya. (Dramaturgical Theory)
Menurut Walter Fisher, bahwa setiap komunikasi adalah bentuk dari cerita (storytelling). Karenanya, jika kita mampu bercerita sesungguhnya kita punya potensi untuk berceramah. (Narrative Paradigm)

Tokoh-tokoh Podium

* HOS TjokroaminotoIr.
* Soekarno
* Adolf Hitler
* Benito Musollini
* Napoleon Bonaparte
* Dll.

Macam-macam Pidato
1. Pidato Ilmiah
2. Pidato Ritual Keagamaan (khutbah, kebaktian, dll)
3. Pidato di Pengadilan (Jaksa, Pembela)
4. Ceramah Umum
5. Kuliah/ mengajar
6. Diskusi
7. Seminar
8. Pidato Politik

Unsur Pesan Komunikasi
Seorang komunikator menyampaikan pesan-pesan melalui :

1. Pesan Linguistik
Untuk menyampaikan pesan bahasa tertentu kita harus menguasai:

* Fonologi (mengujarkan bunyi kata)
* Sintaksis (membentuk kalimat)
* Semantik (memahami kata atau gabungan kata)
* Memahami secara konseptual tentang dunia kita dan dunia yang kita bicarakan
* Mempunyai sistem kepercayaan untuk menilai apa yang kita dengar

2. Pesan Nonverbal memiliki fungsi :

* Repetisi – mengulang kembali bahasa verbal
* Subtitusi – mennggantikan bahasa verbal
* Kontradiksi – menolak pesan verbal
* Komplemen – melengkapi pesan verbal
* Aksentuasi – menegaskan pesan verbal

Ada enam jenis pesan non verbal :

1. Kinesik (gerak tubuh) : fasial, gestural,
2. posturalParalinguistik (suara)
3. Proksemik (penggunaan ruang sosial atau personal)
4. Olfaksi (penciuman)
5. Sensitivitas kulit
6. Artifaktual (pakaian dan kosmetik)

Struktur Pesan
Secara umum setiap pesan yang secara sengaja disampaikan melalui Pidato terdiri atas :
1. Pendahuluan
1. Salam
2. Penyampaian kepada hadirin
3. Maksud atau tujuan
2. Materi
1. Pendekatan awal (kisah, menyampaikan data, dll.)
2. Pertanyaan atau mengemukakan inti masalah
3. Pembahahasan
3. Penutup
1. Kesimpulan
2. Himbauan

Ucapan Salam Kepada Hadirin
1. Tujuan hadirin perlu diranking berdasarkan status dan kaitannya dengan acara
2. Orang-orang penting hendaknya disebutkan secara khusus
3. Tidak semua acara memerlukan penyebutan secara bertahap dan rinci.

Maksud dan Tujuan
Maksud, tujuan atau bahkan judul ceramah seringkali perlu diutarakan dengan jelas.

Materi atau Isi Pidato secara umum

1. Akar tunggang Judul yang aktual
2. Batang Logika yang konsisten
3. Cabang/ranting Kerangka yang sistematis
4. Daun Analisa yang logis
5. Bunga Variasi, humor, pepatah, puisi, dll.
6. Buah Berkesimpulan

Bagaimana menutup ceramah ?

* Usahakan menyampaikan kesimpulan pidato dan himbauan yang praktis yang bisa dibawa oleh khalayak untuk dilaksanakan.
* Salam

Mengumpulkan dan menyiapkan Materi Pidato

Sumber Materi :

1. Kitab Suci & Sumber-sumber sejenis lainnya
2. Kisah-kisah yang relevan dengan topik
3. Berita dan informasi yang lagi aktual
4. Buku-buku ilmu pengetahuan lainnya
5. Kamus dan dictionary
6. Hasil laporan penelitian, data-data, dan referensi lainnya
7. Teknologi informatika (web/ blog/ online sources)

Memilih topik dan judul :

* Seberapa urgen judul yang sesuai dengan waktu dan situasi ?
* Judul sebaiknya berupa kalimat sempurna (affermative statement)
* Apakah waktu yang tersedia sesuai dengan cakupan judul yang dipilih ?
* Apakah audiens yang hadir cocok dengan cakupan judul yang dipilih ?
* Apakah cara pemaparan dan pengambilan kesimpulan dengan metode induksi atau deduksi ?
* Apa yang dapat dibawa oleh khalayak ?

Pendahuluan pidato haruslah :

1. Padat
2. Gaya bahasa menarik
3. Menghindari “Redundancy”
4. Diluar dugaan (surprise)
5. Bagaikan Iklan

Materi pidato

* Materi jangan terlalu luas
* Jangan berharap orang lain (khalayak) langsung mengerti
* Satu segi saja
* Cara lebih dipentingkan dari isi

Keberhasilan penceramah dalam menyampaikan pesan:

1. Mengetahui secara detail sesuatu yang dibahas terutama yang menyangkut masalah ilmiah dan mengandung masalah yang interpretable dan debateable. Jika tidak sampaikan gagasan yang bersifat ‘informatif’ saja.
2. Sampaikan dengan ikhlas dan tulus yang muncul dari tanggungjawab pribadi.
3. Ungkapkan dengan bahasa yang sopan, bijaksana dan santun
4. Terus menerus dalam menyampaikan pesan kebenaran dan jangan bosan-bosan. Bersabarlah untuk memdapatkan hasil yang diinginkan
5. Mulailah apa yang dikatakan didepan hadirin pada diri sendiri

Persiapan Pidato

* Pakaian sederhana
* Keadaan fisik yang mantap edan sehat
* Materi disiapkan, bila perlu didiskusikan terlebih dahulu
* Bagi pemula, upayakan berlatih dahulu
* Materi harus dipilih yang penting dan mendesak
* Jangan mengharap ‘salam tempel’ dan ‘pujian’
* Jangan pidato kalau sakit, pikiran kacau, lapar, atau haus

Saat berpidato, perlu diperhatikan

* Sikapnya
* Air mukanya
* Pakaiannya
* Ucapannya, harus fasih (khususnya Bahasa Asing)
* Gerak geriknya
* Tata rias/ make-up nya

Senjata Pidato

* Doa
* Pepatah
* Humor/lelucon
* Semangat berapi-api
* Syahdu
* Lagu-lagu
* Alat peraga

Apabila audiens banyak, maka :

* Volume suara tambah keras
* Tekanan/nada suara tinggi
* Tempo harus lambat
* Bahasa harus awam (dimengerti umum)
* Logikanya sederhana
* Semangatnya tinggi

Penutup pidato

* Kalimat kunci sebagai simpulan (harapan dan penekanan)
* Pepatah yang akan diingat khalayak
* Usahakan agar audiens penasaran

GAYA KOMUNIKASI LAINNYA

Persuasi

1. Persuasi adalah “cara untuk mengubah sikap dan prilaku orang dengan menggunakan kata-kata lisan dan tertulis” (McGuire).
2. Persuasi adalah “menanamkan opini baru” (Hovland).
3. Persuasi adalah “usaha yang disadari untuk mengubah sikap, kepercayaan atau perilaku orang melalui transmisi pesan” (Bettinghaus).
4. Persuasi adalah ”suatu proses timbal balik yang didalamnya komunikator, dengan sengaja atau tidak, menimbulkan perasaan responsif pada orang lain”(Nimmo)

Propaganda

1. Propaganda adalah pesan yang melibatkan simbol-simbol yang mencakup empat hal. Pertama, interaksi simbolik atau pesan-pesan politik yang digambarkan lewat lambang. Kedua, menggunakan pesan-pesan politik yang didramatisir sedemikian rupa sehingga memberikan kepuasan pribadi dan dampak tidak langsung. Ketiga, Penggunaan psikolinguistik yakni penggunaan bahasa tertentu yang memiliki dampak psikologis. Dan keempat, Penggunaan sosiolinguistik yaitu penggunaan bahasa yang memiliki dampak sosiologis tertentu.
2. Ellul membedakan propaganda vertikal dan horizontal. Yang pertama adalah transmisi dari satu kepada banyak dan terutama mengandalkan media massa bagi penyebaran imbauannya. Sedangkan propaganda horizontal bekerja lebih diantara keanggotaan kelompok ketimbang dari pemimpin kepada kelompok, lebih banyak melalui komunikasi interpersonal dan komunikasi organisasi daripada menggunakan komunikasi massa.
3. Nimmo menyarankan, supaya persuasi dan propaganda berhasil dengan baik, maka perlu diperhatian secara khusus prinsip-prinsip umum berikut yang dianalisis dari penelitian mengenai pengaruh komunikator terhadap keberhasilan usaha persuasif. Unsur-unsur itu adalah :

1. status komunikator
2. kredibilitas komunikator
3. daya tarik komunikator
4. isi pesan
5. struktur pesan
6. pemilihan media yang digunakan secara tepat.

Ketertarikan khalayak terhadap Pesan yang dipakai

* Topik (pesan) yang dibahas
* Cara penyampaian
* Teknik-teknik mengembangkan pokok bahasan
* Bahasa yang dipakai
* Organisasi pesan yang dipakai
* Situasi yang dihadapi (setiap khalayak memiliki kondisi yang unik)
* Keahlian (profesionalitas)
* Kejujuran