MENU

Tuesday, April 7, 2015


ETIKA KOMUNIKASI;
PerformentKomunikanDalamKomunikasi
oleh: ade putra setiawansyah
A.    PengertianEtika
Etikaberasaldari kata yunani “ethos” yang berartiwatakkesusilaanatauadat yang identikdenganperkataan moral yang bersaldari kata latin  “mos” yang dalambentukjamaknya “mores” yang berartijugaadatataucarahidup.
Etikapadadasarnyaselalusebagaisebuahrefleksimengenainorma-norma yang sudahberlaku.[1]
Etikadan moral samaartinya, tetapidalampemakaiansehari-hariadasedikitperbedaan. Moral danmoralitasdiapakaiuntukperbuatan yang sedangdinilai, sedangkanetikadipakaiuntukpengkajiansistem-sistemnilai yang ada.
Contoh: (-) perbuatanitu moral, (-) sesuaidengannorma-etika.
Istilahlain yang identic denganetikaialah:
a.  susila (sanskerta) yang lebihmenunjukkepadadasar-dasar, prinsip, aturanhidupatau (sila) yang lebihbaik.
b.  Akhlak (Arab) moral yang berartiakhlaksedangkanetikaberartiilmuakhlak.[2]
B.     Proses Komunikasi
Komunikanmerupakansalahsatu yang mencakupdari proses komunikasi, dimana proses komunikasitampakadanyasejumlahkomponendanunsur yang dicakupdanmerupakanpersyaratanterjadinyakomunikasi. Dalambahasakomunikasikomponenatauunsuradalahsebgaiberikut:
a.       Source (Sumber)
b.      Communicator (Komunikator = Penyampaipesan)
c.       Message (Pesan)
d.      Channel (Saluran)
e.       Comunican (Komunikan = penerimapesan)
f.       Effect (hasil)

C.    PerformentKomunikanDalamKomunikasi

Istilahkomunikasidalambahasainggrisnyadisebutdengan communication, berasaldari kata communication ataudari kata communis yang berarti “sama” atau “samamaknanya” atau “pengertianbersama” denganmaksuduntukmengubahpikiran, sikap, prilaku, penerimadanmelaksanakanapa yang diinginkanolekkomunikator.
Komunikasiadalahpenyampaianinformasidanpengertiandariseseorangkepada orang lain. Komunikasiakandapatberhasilbaikapabilasekiranyatimbulsalingpengertian, yaitujikakeduabelahpihaksipengirimdansipenerimainformasidapatmemahami.
Dalamperlingkupandunia, segala yang ada di bumiinimempunyaisesuatuhal yang tidakterlepasdarikomunikasiterutamamanusia.Sehinggatanpadenganadanyakomunikasidalamkehidupansehari-hari, makaantarasatudengan yang lainnyatidakakanpernahterjadiintraksi yang adabaikituberkomunikasidalambentuk verbal maupundalambentuk nonverbal.Seiringterjadinyakomunikasidalamkehidupan, tentuperformentdalamberkomunikasiitusangatberbeda-bedaintraksinyaantara orang yang satudengan yang lainnyasehinggamempunyaiunsur-unsurataukarakterketikaseseorangmenyampaikansuatuinformasiterhadap lawn bicaranya.
Ferformentkomunikanadalahkarakterseseorangdalammenyampaikanpesanatauberkomunikasi, sehinggadaripenyampaiandapatkitalihatdenganistilahpenampilanataukarakterpribadiseseorang.Penampilankomunikasi yang dipaparkanuntukdigunakansecarabaikdanbenarolehpelakukomunikasibaikdaridalamcaramemulaiberbicara, menggunakansesuatudalampenyampaiannyadansegalahal yang menjadikebiasaandalammenampilkansebuahkomunikasi.
PembagianKomunikan
Komunikanataupenerimapesandapatdigolongkandalamtigajenisyakni persona, kelompokdan Massa.AtaudenganperkataanlaindarisegisasarannyamakaKomunikasidapat di kelompokkan:
a.       Komunikasi persona
b.      Komunikasikelompok
c.       Komunikasimassa
(a)    Komunikasi persona
Komunikasi yang ditujukankepadasasaran yang tunggal, bentuknyadapatberupa: ajangsono, tukarpikirandansebagainya. Komunikasi persona efektifitasnya paling tinggikarenakomunikasinyatimbalbalikdanterkonsentrasi, hanyakurangefisiendibandingkandenganbentuklainnya.
(b)   Komunikasikelompok
Komunikasi yang ditujukankepadakelompok yang tertentu.Kelompokadalahsuatukumpulanmanusia yang mempunyaiantarhubungan social yang nyatadanmemperlihatkanstruktur yang nyata pula.Bentukkomunikasisepertiiniadalah: ceramah, briefing, indoktrinasi, penyuluhandansebagainya. Komunikasikelompoklebihefektifdalampembentukansikap persona daripadakomunikasimassa, namunkurangefesien.
(c)    Komunikasimassa
Komunikasi yang ditujukankepadamassaataukomunikasi yang menggunakan media massa. Massa disiniadalahkumpulan orang-orang yang hubunganantarsosialnyatidakjelasdantidakmempunyaistrukturtertentu.Komunikasisangatefesienkarenadapatmenjangkaudaerah yang luasdanpendengar yang praktistakterbatas.Namunkomunikasimassakurangefektifdalampembentukansikap persona karenakomunikasimassatidakdapatlangsungditerimaolehmassatetapimelalui opinion leader, ialah yang menterjemahkanapa yang disampaikandalamkomunikasimassaitukepadakomunikan.
Padawaktukomunikasidilancarkan, menghadapikomunikanperludiperhatikan 3 halyakni: keanggotaankelompok, proses seleksidankecendrungan.
Syarat-syarat yang harusdimilikiolehseorangkomunikanantaralainialah:
a). keterampilanataukemampuanmenagkapdanmeneruskanpesan.
b). penegetahuantertentu
c). sikap.
Faktor-Faktor lain darikomunikan yang patutdiperhatikanialah:
a.       Frame of reference (rangkapengetahuan).
b.      Field of experience (lingkuppengalaman).
Komunikasiakanberhasilbaikjikapesan yang disampaikansesuaidenganrangkapengetahuandanlingkuppengalamankomunikan.Demikianjugapesanharuscocokdenganlingkippengalamankomunikan.[3]
D.    KonsepdanLingkupKomunikasi
Padamulanya, komunikasi yang tetaphanyaterdapatpadamasyarakatkecil, kelompok orang yang hidupberdekatan yang merupakansatu unit politik.Tetpisekarang, akibatdarikecepatan media informasidankompeksnyaberbagaimacamhubungan, makakomunikasitelahmenjadimasalahsemua orang.
Istilahkomunikasisaatinisudahdemikian popular dandipergunakanolehkebanyakan orang.Iadipergunakandalamsemuakesempatanbaikdalampembahasanmaupunmembicarakanberbagaimasalah. Kiranyasudahmenjadikodratmanusiasenantiasamembutuhkanhubungandengansesamanya, baiksecarasepihakmaupuntimbalbalik.
Komunikasiadalahintisemuahubungan social, apabila orang telahmengadakanhubungantetap, maka system komunikasi yang merekalakukanakanmenentukanapakah system tersebutdapatmempereratataumempersatukanmereka, mengurangiketeganganataumelenyapkanpersengketaanapabilamuncul.
Masnusiasebagaimakhlukindiviumaupunmakhluksosial, memilikidoronganingintahu, inginmajudanberkembang, makasalahsatusarananyaadalahkomunikasi.Karena, komunikasimerupakankebutuhan yang mutlakbagikehidupanmanusia.Dalampepatahasingberbunyi “Nature geve us two ears and only one mouth, so that we could listen twice as much as we speak”.
Dalam kata lainpepatahtersebutmengajakkitalebihmendengardaripadaberbicara (Komunikasi). Mengapademikian?
Berbicaraitumudah, tetapiberkomunikasidenganbaiktidakmungkindemikianhalnya.Berbicarasajabelumdapatmenjaminapa yang dibicarakanitudapatsampaikepada yang akandiharapkanmemperolehnya.
Lingkupkomunikasi, denganberkembangyakomunikasimakadengansendirinyalingkupkomunikasimengalamiperubahan yang mendasar.Banyakparaahlikomunikasi yang menguraikanlingkupkomunikasi, namunpadadasarnyaperkembangantidakmenyimpangdarikonsepdiatastadi.

E.     FungsidanTujuanKomunikasi
Apabilakomunikasidipandangdariarti yang lebihluas, tidakhanyadiartikansebagaipertukaranberitadanpesantetapisebagaikegiatanindividudankelompokmengenaitukarmenukar data, fakta, dan ide makafungsinyadalamsetiap system sosialadalahsebagaiberikut:
a.       Informasi:
b.      Sosialisasi(pemasyarakatan):
c.       Motivasi:
d.      Perdebatandandiskusi:



[1]Darwis A. Soelaiman, filsafatilmupengetahuan,(,,,-), hal, 15
[2] . Ahmad CharrisZubair,Kuliahetika,(Jakarta:Rajawali, 1990), halm. 13.
[3] . H.A.W. Widjaja,Komunikasidanhubunganmasyarakat, (Jakarta:Bumiaksara, 2008), hal. 19-20

No comments:

Post a Comment