ETIKA KOMUNIKASI;
PerformentKomunikanDalamKomunikasi
oleh: ade putra setiawansyah
A.
PengertianEtika
Etikaberasaldari
kata yunani “ethos” yang berartiwatakkesusilaanatauadat yang
identikdenganperkataan moral yang bersaldari kata latin “mos” yang dalambentukjamaknya “mores” yang berartijugaadatataucarahidup.
Etikapadadasarnyaselalusebagaisebuahrefleksimengenainorma-norma
yang sudahberlaku.[1]
Etikadan
moral samaartinya, tetapidalampemakaiansehari-hariadasedikitperbedaan. Moral
danmoralitasdiapakaiuntukperbuatan yang sedangdinilai, sedangkanetikadipakaiuntukpengkajiansistem-sistemnilai
yang ada.
Contoh: (-) perbuatanitu
moral, (-) sesuaidengannorma-etika.
Istilahlain yang
identic denganetikaialah:
a. susila (sanskerta) yang
lebihmenunjukkepadadasar-dasar, prinsip, aturanhidupatau (sila) yang lebihbaik.
b. Akhlak (Arab) moral yang
berartiakhlaksedangkanetikaberartiilmuakhlak.[2]
B.
Proses Komunikasi
Komunikanmerupakansalahsatu
yang mencakupdari proses komunikasi, dimana proses
komunikasitampakadanyasejumlahkomponendanunsur yang dicakupdanmerupakanpersyaratanterjadinyakomunikasi.
Dalambahasakomunikasikomponenatauunsuradalahsebgaiberikut:
a. Source (Sumber)
b. Communicator (Komunikator = Penyampaipesan)
c. Message (Pesan)
d. Channel (Saluran)
e. Comunican (Komunikan = penerimapesan)
f. Effect (hasil)
C.
PerformentKomunikanDalamKomunikasi
Istilahkomunikasidalambahasainggrisnyadisebutdengan
communication, berasaldari kata communication ataudari kata communis yang
berarti “sama” atau “samamaknanya” atau “pengertianbersama”
denganmaksuduntukmengubahpikiran, sikap, prilaku, penerimadanmelaksanakanapa
yang diinginkanolekkomunikator.
Komunikasiadalahpenyampaianinformasidanpengertiandariseseorangkepada
orang lain.
Komunikasiakandapatberhasilbaikapabilasekiranyatimbulsalingpengertian,
yaitujikakeduabelahpihaksipengirimdansipenerimainformasidapatmemahami.
Dalamperlingkupandunia,
segala yang ada di bumiinimempunyaisesuatuhal yang
tidakterlepasdarikomunikasiterutamamanusia.Sehinggatanpadenganadanyakomunikasidalamkehidupansehari-hari,
makaantarasatudengan yang lainnyatidakakanpernahterjadiintraksi yang
adabaikituberkomunikasidalambentuk verbal maupundalambentuk nonverbal.Seiringterjadinyakomunikasidalamkehidupan,
tentuperformentdalamberkomunikasiitusangatberbeda-bedaintraksinyaantara orang
yang satudengan yang lainnyasehinggamempunyaiunsur-unsurataukarakterketikaseseorangmenyampaikansuatuinformasiterhadap
lawn bicaranya.
Ferformentkomunikanadalahkarakterseseorangdalammenyampaikanpesanatauberkomunikasi,
sehinggadaripenyampaiandapatkitalihatdenganistilahpenampilanataukarakterpribadiseseorang.Penampilankomunikasi
yang
dipaparkanuntukdigunakansecarabaikdanbenarolehpelakukomunikasibaikdaridalamcaramemulaiberbicara,
menggunakansesuatudalampenyampaiannyadansegalahal yang
menjadikebiasaandalammenampilkansebuahkomunikasi.
PembagianKomunikan
Komunikanataupenerimapesandapatdigolongkandalamtigajenisyakni
persona, kelompokdan
Massa.AtaudenganperkataanlaindarisegisasarannyamakaKomunikasidapat di
kelompokkan:
a.
Komunikasi
persona
b.
Komunikasikelompok
c.
Komunikasimassa
(a)
Komunikasi
persona
Komunikasi yang ditujukankepadasasaran yang tunggal,
bentuknyadapatberupa: ajangsono, tukarpikirandansebagainya. Komunikasi persona
efektifitasnya paling tinggikarenakomunikasinyatimbalbalikdanterkonsentrasi,
hanyakurangefisiendibandingkandenganbentuklainnya.
(b)
Komunikasikelompok
Komunikasi yang ditujukankepadakelompok yang
tertentu.Kelompokadalahsuatukumpulanmanusia yang mempunyaiantarhubungan social
yang nyatadanmemperlihatkanstruktur yang nyata pula.Bentukkomunikasisepertiiniadalah:
ceramah, briefing, indoktrinasi, penyuluhandansebagainya.
Komunikasikelompoklebihefektifdalampembentukansikap persona
daripadakomunikasimassa, namunkurangefesien.
(c)
Komunikasimassa
Komunikasi yang ditujukankepadamassaataukomunikasi
yang menggunakan media massa. Massa disiniadalahkumpulan orang-orang yang
hubunganantarsosialnyatidakjelasdantidakmempunyaistrukturtertentu.Komunikasisangatefesienkarenadapatmenjangkaudaerah
yang luasdanpendengar yang praktistakterbatas.Namunkomunikasimassakurangefektifdalampembentukansikap
persona karenakomunikasimassatidakdapatlangsungditerimaolehmassatetapimelalui
opinion leader, ialah yang menterjemahkanapa yang
disampaikandalamkomunikasimassaitukepadakomunikan.
Padawaktukomunikasidilancarkan,
menghadapikomunikanperludiperhatikan 3 halyakni: keanggotaankelompok, proses
seleksidankecendrungan.
Syarat-syarat yang
harusdimilikiolehseorangkomunikanantaralainialah:
a).
keterampilanataukemampuanmenagkapdanmeneruskanpesan.
b). penegetahuantertentu
c). sikap.
Faktor-Faktor lain darikomunikan yang
patutdiperhatikanialah:
a.
Frame of
reference (rangkapengetahuan).
b.
Field of
experience (lingkuppengalaman).
Komunikasiakanberhasilbaikjikapesan
yang disampaikansesuaidenganrangkapengetahuandanlingkuppengalamankomunikan.Demikianjugapesanharuscocokdenganlingkippengalamankomunikan.[3]
D.
KonsepdanLingkupKomunikasi
Padamulanya,
komunikasi yang tetaphanyaterdapatpadamasyarakatkecil, kelompok orang yang
hidupberdekatan yang merupakansatu unit politik.Tetpisekarang,
akibatdarikecepatan media informasidankompeksnyaberbagaimacamhubungan,
makakomunikasitelahmenjadimasalahsemua orang.
Istilahkomunikasisaatinisudahdemikian
popular dandipergunakanolehkebanyakan
orang.Iadipergunakandalamsemuakesempatanbaikdalampembahasanmaupunmembicarakanberbagaimasalah.
Kiranyasudahmenjadikodratmanusiasenantiasamembutuhkanhubungandengansesamanya,
baiksecarasepihakmaupuntimbalbalik.
Komunikasiadalahintisemuahubungan
social, apabila orang telahmengadakanhubungantetap, maka system komunikasi yang
merekalakukanakanmenentukanapakah system
tersebutdapatmempereratataumempersatukanmereka,
mengurangiketeganganataumelenyapkanpersengketaanapabilamuncul.
Masnusiasebagaimakhlukindiviumaupunmakhluksosial,
memilikidoronganingintahu, inginmajudanberkembang,
makasalahsatusarananyaadalahkomunikasi.Karena, komunikasimerupakankebutuhan
yang mutlakbagikehidupanmanusia.Dalampepatahasingberbunyi “Nature geve us two
ears and only one mouth, so that we could listen twice as much as we speak”.
Dalam
kata lainpepatahtersebutmengajakkitalebihmendengardaripadaberbicara
(Komunikasi). Mengapademikian?
Berbicaraitumudah,
tetapiberkomunikasidenganbaiktidakmungkindemikianhalnya.Berbicarasajabelumdapatmenjaminapa
yang dibicarakanitudapatsampaikepada yang akandiharapkanmemperolehnya.
Lingkupkomunikasi,
denganberkembangyakomunikasimakadengansendirinyalingkupkomunikasimengalamiperubahan
yang mendasar.Banyakparaahlikomunikasi yang menguraikanlingkupkomunikasi,
namunpadadasarnyaperkembangantidakmenyimpangdarikonsepdiatastadi.
E.
FungsidanTujuanKomunikasi
Apabilakomunikasidipandangdariarti
yang lebihluas, tidakhanyadiartikansebagaipertukaranberitadanpesantetapisebagaikegiatanindividudankelompokmengenaitukarmenukar
data, fakta, dan ide makafungsinyadalamsetiap system
sosialadalahsebagaiberikut:
a. Informasi:
b. Sosialisasi(pemasyarakatan):
c. Motivasi:
d. Perdebatandandiskusi:
No comments:
Post a Comment