MAKALAH
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI AWAL HINGGA SAAT INI
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang
telah menganugerahkan kepada kita semua buah kecerdasan yaitu otak, dengan
kapasitor memori yang besar, sehingga kita sebagai khalifah di muka bumi ini,
merupakan makhluk yang paling mulia derajatnya dari sebaik-baik kejadian dari
semua makhluk yang diciptakan Allah.
Shalawat dan salam senantiasa terpanjatkan
kepada Nabi kita Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari alam kegelapan
menuju dunia yang terang benderang, sampai dengan saat ini. Alhamdulillahirabbil
alamin, dalam kesempatan kali ini penulis menyelesaikan makalah yang berjudul
“KOMPUTER” makalah ini dibuat sebagai tugas mata kuliah pratikum Komputer,
yang dalam hal ini sekaligus bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada
pembaca mengenai sejarah komputer canggih yang kita gunakan sekarang pada
masanya dulu.
Tidak
banyak kata yang dapat diutarakan penulis, mengingat manusia adalah tempatnya
salah, oleh sebab itu kami sadar bahwa makalah ini memiliki kekurangan dan
kelebihan. Sehingga kritik dan saran dari pembaca sangat di harapkan.
BAB 1
A.
LATAR BELAKANG
Menapaki kehidupan yang kian
menggeliat akan kemajuan dan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi,
tentu saja mengundang banyak cendikiawan untuk terus bereksplorasi dan berlomba
lomba menciptakan teknologi terbaru kian mudah dan praktis. Pada dasarnya
komputer yang kita gunakan saat ini, tidak serta merta datang begitu saja, melainkan
melalui beberapa tahapan yang kompleks dalam evolusinya.
Kita bisa saja mengingat kembali mengenai sejarah Abacus, ditemukan di
Babilonia irak. Sekitar 5000 tahun yang lalu. Sebagai alat manual hitungan yang
pertama. Baik bagi kalangan sekolah atau pedagang pada saat itu. Lalu pada
tahap selanjutnya, telah banyak ditemukan berbagai jenis alat hitung mekanikal,
seperti pascaline, yang ditemukan oleh blaine pascal pada tahun 1642.
Arithometer oleh charles xavier thomas de colmar pada tahun 1820. Babbages
folly oleh charles babbage, pada tahun 1822. Dan hollerith, oleh herman
hollerith, pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya, tanpa
tenaga listrik. Ukuran dan struktur komputernya masih berdasarkan tingkat
kerumitan dan pola pengoperasian perhitungan yang dilakukan.
Sampai
akhirnya, barulah pada tahun 1940, era komputer elektrik dimulai. Sejak
ditemukannya penemuan komputer elektrik yang menerapkan sistem operasi aljabar
boolean.
B.
TUJUAN
Tujuan
pembuatan makalah ini adalah untuk memberikan pemahaman konsep kepada pembaca
terhadap perkembangan komputer dari generasi ke generasi.
C.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan
gambaran dari latar belakang dan pendahuluan diatas, boleh jadi akan timbul
beberapa pertanyaan seperti berikut, yakni :
Bagaimana
kronologi perkembangan komputer selengkapnya beserta manfaat diciptakannya
beragam jenis komputer dari masa ke
masa?
BAB 2
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai
untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer
semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini
kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan
informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi
komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
matematika.
Dalam
arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik
mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang
kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer”
adalah “yang mengolah informasi” atau “sistem pengolah informasi.” Selama bertahun-tahun
sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata “komputer”, dan beberapa kata
yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata
computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang
melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut
Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa
Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk “orang yang menghitung” kemudian
menjelang 1897 juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”. Selama Perang
Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan
Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles
Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin
analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga
sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
B.
BAGIAN-BAGIAN KOMPUTER
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan
perangkat keras (hardware).
PERANGKAT
KERAS:
·
Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah
data
·
Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
·
Hard drive, media penyimpanan semi permanen
·
Perangkat masukan, media yang digunakan untuk
memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
·
Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk
menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer
PERANGKAT
LUNAK:
·
Sistem operasi
·
Program dasar pada komputer yang menghubungkan
pengguna dengan hardwarekomputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah
Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya)
mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan,
memori, serta instalasi software.
·
Program komputer Merupakan aplikasi tambahan
yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya.
C.
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Perkembangan
teknologi komputer yang dijabarkan di bawah ini di bagi atas empat
generasi berdasarkan atas komponen-komponen yang digunakannya, mulai dari yang
berukuran “big” hingga mikro yang sejalan juga dengan kerumitan komponennya.
PERKEMBANGAN
KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1944-1959)
Komputer
generasi pertama berawal dari tahun 1942 hingga tahun 1959. Saat ini merupakan
zamannya komputer-komputer raksasa, seperti Z3, Colossus, ENIAC, EDVAC, EDSAC,
UNIVAC I.
Karakteristik
komputer pada zaman ini ditandai dengan ukurannya yang hampir sebesar kamar
tidur, mengunakan tube vakum dengan jumlah yang amat banyak untuk menyimpan dan
memproses perintah atau instruksi, memakan tenaga listrik ribuan watt,
menggunakan bahasa mesin dan hanya dapat digunakan oleh orang yang terlatih.
Jadi,
orang awam tidak akan dapat menggunakannya sehingga komputer jenis ini belum
dikomersialisasikan ke khalayak ramai. Hanya perusahaan-perusahaan besar,
institusi pendidikan dan instansi pemerintah yang menggunakannya.
Komputer genarasi pertama ini disebut juga
sebagai komputer dinosaurus karena ukurannya yang relatif besar. Hanya orang
yang ahli sajalah yang dapat menggunakan komputer ini karena sangat sulit dan
daya komputesinya sangatlah lambat.
CIRI-CIRI
KOMPUTER PADA GENERASI PERTAMA ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
·
Komponen elektronikanya dari Tabung Hampa
(Vacuum Tube)
·
Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine
Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer.
·
programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan
menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
KOMPUTER
GENERASI PERTAMA MEMILIKI SIFAT-SIFAT SEBAGAI BERIKUT :
·
Ukurannya besar dan memerlukan tempat yang
sangat luas
·
Banyak
Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas
·
Prosesnya relatif lambat
·
Memerlukan Kapasitas untuk menyimpan data kecil.
Contoh komputer generasi pertama adalah ENIAC (Electronic Numerical
Integrator And Calculator) yang dibuat oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert
tahun 1946.
Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL• Contoh
mesin; ENIAC, MARK II, EDSAC, MARK III, UNIVAC I & II, IBM 650, ADVAC.
PERKEMBANGAN
KOMPUTER GENERASI KEDUA
Zaman
ini dimulai dengan pemakaian transistor dan dioda sebagai pengganti dari tube
vakum sehingga sizenya lebih kecil dibandingkan generasi pendahulunya.
Penemuan
lainnya yaitu penggunaan memori inti magnetik yang berfungsi menyimpan data,
sehingga lebih cepat dalam pemrosesan data, serta bahasa mesin telah digantikan
dengan bahasa assembly (Fortran dan Cobol) yang memudahkan dalam
pengoperasiannya. Beberapa contoh komputer pada masa ini, yaitu Stretch, LARC,
DEC PDP-8, IBM 1401, IBM 7090 dan IBM 7094.
Komputer
generasi kedua ini muncul pada era 1960-1964 dan dulu komputer ini banyak di
gunakan di berbagai perusahaan perusahaan khususnya dalam bidang bisnis.
Ukurannya lebih kecil ketimbang komputer generasi pertama yaitu kira kira
seukuran lemari saja. Pada era ini juga manusia telah mengenal printer, memori,
disket ataupun sitem operasi.
CIRI CIRI
KOMPUTER GENERASI KEDUA ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
·
Komponen elektronikanya dari Transistor
·
Program dibuat dengan Assembly Language, Common
Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) dan ALGOL
SIFAT-SIFATNYA:
·
Ukurannya relatif kecil
·
Tidak banyak mengeluarkan panas
·
Telah mengenal Magnetic Tape dan Magnetic Disk
·
Mulai mengenal Tele Processing (time SHARINGyang
memungkinkan beberapa user dapat memakai komputer secara bersama-sama)
·
Proses relatif lebih cepat
·
Kapasitas untuk menyimpan data semakin besar.
Contoh:
komputer pada generasi kedua adalah DEC PDP-8, IBM 700, dan IBM 7094.
Pabrik
yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL, CDC (Control Data
Corporation), NCR. Contoh mesin; IBM (IBM 1620, IBM 1401, IBM 7070, IBM 7080,
IBM 7094), UNIVAC III, CDC 6600 Super dan CDC 7600, BURROGHS 5500, HONEYWELL
400, PDP 1 & 5.
Walaupun
komputer ini telah menggunakan transistor yang mana menggantikan fungsi tabung
hampa tetapi tetap saja mengeluarkan panas walaupun tidak sebanyak yang di
keluarkan oleh komputer generasi pertama dan itu dapat berpotensi untuk merusak
komponen komponen yang ada pada komputer.
Pada
generasi ini juga bermunculan banyak programmer, analyst dan ahli di bidang
komputer serta juga bermunculan dan mulai berkembang industri piranti lunak
atau softwere.
PERKEMBANGAN
KOMPUTER GENERASI KETIGA
Era
baru komunikasi komputer mulai menapakkan kakinya pada momentum ini. Sebagian
besar perusahaan-perusahaan besar menerapkan sistem on-line dengan menggunakan
terminal jarak jauh dalam pemakaian komputer.
Teknologi
ini tentunya didukung pula oleh kinerja komputer yang semakin baik dari segi
penggunaan hardware maupun software. Penemuan baru di bidang hardware dilakoni
dengan munculnya IC (Integrated Circuit) dalam komponen komputer.
Karena kelebihannya dalam
menyatukan berbagai komponen-komponen dalam suatu chip tunggal sehingga
komputer pada saat itu ukuran komputer menjadi semakin kecil tanpa menurunkan
kinerja yang dihasilkan, bahkan semakin meningkatkan kinerjanya.
Pada
bagian software, teknik-teknik pemrograman jamak (Multi Programming) mulai
dikembangkan sehingga makin menambah koleksi berbagai bahasa pemrograman yang
ada. Cray-1, UNIVAC 90/30 dan IBM 360adalah beberapa contoh komputer pada
generasi ini.
Komputer
generasi ketiga merupakan perkembangan yang paling pesat dari perkembangan
komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an.
Transistor
yang dianggap tidak effisien lagi membuat manusia mencari solusi lain dan
solusi itu di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang
insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC :
integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat
mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.
CIRI CIRI
KOMPUTER GENERASI KETIGA ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
·
Komponen elektronikanya dari Integrated Circuit
(IC) yang berbentuk lempengan atau chip
·
Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi
(High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN, COBOL
·
Sudah menerapkan konsep multi processing dan
dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang
bersamaan
·
Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk
melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.
SIFAT-SIFATNYA:
·
Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi
kedua
·
Mulai mengenal Multi Programming dan Multi
Processing
·
Adanya integrasi antara Software dan Hardware
dalam Sistem Operasi
·
Prosesnya sangat cepat
·
Kapasitas untuk menyimpan data lebih besar.
Contoh:
komputer generasi ketiga adalah Apple II, PC, dan NEC PC.
Pabrik
yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR. Contoh mesin; IBM S/360,
UNIVAC 1108, PDP 8 & 11, HONEYWELL 200, RCA, SPECTRA 70.
Pada
era ini juga mulai digunakannya sistem operasi (operation sistem) yang
memungkinkan mesin menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak
dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Sistem operasi komputer pada generasi ketiga adalah UNIX dan Windows. Walapupun
grafiknya masihlah sangat minim.
PERKEMBANGAN
KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
Seiring
dengan lajunya waktu perkembangan komputer sebagai alat pemrosesan data semakin
meningkat pesat terutama pada generasi ini. Kecepatannya yang semakin bertambah
berbanding terbalik dengan ukurannya yang semakin kecil dengan didukung oleh
kemampuan memori yang lebih besar. Harganya pun semakin murah disebabkan oleh
karena komponen-komponennya telah diproduksi dan dijual secara massal.
Pada
periode ini berbagai IC disatukan menjadi satu kesatuan membentuk komponen yang
disebut dengan VLSI (Very Large Scale IC). Penggunaan perangkat lunak yang
semakin mudah dan berkembang mulai diterapkan pada komputer-komputer rumahan,
seperti word processing dan spreadsheet.Jaringan internet pun makin luas yang
dahulunya hanya dinikmati oleh kelompok-kelompok elite kini sudah bisa
digunakan juga oleh masyarakat awam.Penggunaan mikroprosessor kini tidak mutlak
lagi digunakan hanya pada komputer melainkan sudah diaplikasikan pada produk-produk
elektronik lainnya, seperti televisi dan microwave.
Melihat
perkembangan dunia komputer yang tingkat pertumbuhannya sangat tinggi mulai
dari generasi awal hingga sekarang ini dapat kita prediksikan bagaimana
karakteristik komputer pada generasi mendatang. Mungkin saja, komputer nantinya
tidak harus terus didikte oleh manusia tetapi ia sudah dapat melakukan segala
sesuatunya sendiri. Boleh dikata kemampuannya sudah menyerupai kepandaian
manusia. Kemampuan seperti itu (Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelegence)
kini aktif diteliti oleh negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat.
Contohnya:
PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan
antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame. Beberapa teknologi IC
pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I,
Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, Core to Duo, Quad
Core, Core i3, i5, i7, Ivy bridge (buatan Intel), dan ada juga AMD K6, Athlon
dsb. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer
super.
PERKEMBANGAN
KOMPUTER GENERASI KELIMA (SEKARANG)
Pada generasi ini ditandai dengan
munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan
microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan
munculnya microprocessor dan semi conductor.
Perusahaan-perusahaan
yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola,
Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari
Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4
merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat
menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping
itu,kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2
Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di
samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi
semakin cepat.
Pentium-4 diproduksi dengan menggunakan teknologi
0.18 mikron. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan
tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Dengan processor yang lebih
cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi. Kecepatan yang
dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium 3.
Packard
Bell iXtreme 4140i merupakan salah satu PC komputer yang telah menggunakan
Pentium-4 sebagai processor dengan kecepatan 1.4 GHz, memory RDRAM 128 MB,
Harddisk sebesar 40 GB (1.5 GB digunakan untuk recovery), serta video card
GeForce2 MX dengan memory 32 MB. HP Pavilion 9850 juga merupakan PC yang
menggunakan Pentium-4 untuk processornya dengan kecepatan 1.4 GHz. PC Pentium-4
Hewllett-Packard ini dating dengan dominan warna hitam dan abu-abu.
CARA KERJA SISTEM KOMPUTER DAN
SIKLUS PENGOLAHAN DATA DALAM KOMPUTER
A. SISTEM KOMPUTER
Perangkat
komputer bisa difungsikan harus secara komprehensif (kompak dan bersama-sama)
dalam melaksanakan tugasnya yaitu dalam mengolah data atau informasi. Untuk
mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data agar menghasilkan suatu
informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya
terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer
tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan yang saling mendukung
untuk bekerjasama. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software,
demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada
manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
1) Hardware
Peralatan pisik dari komputer itu
sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun
dipindahkan. Contoh : Monitor, CPU, Keyboard, dan lainnya. Jika dipilah
berdasarkan fungsinya, perangkat-perangkat yang terdapat pada system komputer
dapat dibedakan menjadi lima jenis sebagai berikut.
1. Alat Input
Alat input atau input device
adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukan data ke komputer. Data
itulah yang selanjutnya akan diproses. Didalam perangkat ini terdapat sinyal
input maupun sinyal maintenance. Sinyal input berupa data-data, baik yang
berupa huruf, angka, gambar, maupun suara yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer. Sinyal Fungsi dan Proses Kerja Peralatan Teknologi Informasi dan
Komunikasi maintenance berupa program
untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian,alat input berfungsi untuk
memasukkan data dan memasukkan program. Berikut ini contoh-contoh alat input.
a. Keyboard
Keyboard adalah perangkat input
berbentuk papan ketik yang memiliki tuts atau tombol huruf, tombol angka,
tombol karakter khusus, dan tombol fungsi. Keyboard merupakan alat input utama
dalam sistem komputer karena hamper semua instruksi komputer dapat kita
inputkan melalui keyboard. Ada beberapa jenis keyboard yang biasa kita temui,
antara lain keyboard 83 tombol, 101 tombol, 102 tombol, 104 tombol, dan 109
tombol.
b. Mouse
Mouse sangat penting peranannya
dalam sistem komputer yang berbasis GUI (Graphical User Interface), antarmuka
yang terdapat pada sebagian besar komputer masa kini. Mouse digunakan sebagai
alat untuk menunjuk dan menjalankan perintah pada menu-menu yang tampak pada
layar monitor. Alat ini memiliki dua tombol klik dan satu tombol scroll. Tombol
kiri biasanya digunakan sebagai tombol perintah, sedangkan tombol kanan
digunakan sebagai tombol shortcut. Tombol scroll digunakan untuk menggulung
layer sehingga kita dapat berpindah halaman secara cepat.
FUNGSI DAN PROSES KERJA PERALATAN TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
·
Joystick digunakan untuk memasukkan perintah
pada saat kita menjalankan game komputer. Bentuk joystick menyerupai sebuah
tongkat yang dapat kita gerakkan ke beberapa arah, dan dilengkapi dengan
tombol-tombol di bagian atas.
·
Trackball
memiliki fungsi sama seperti joystick, yaitu untuk memasukkan perintah pada
saat kita memainkan game komputer. Pada alat ini terdapat bola berukuran cukup
besar sehingga mudah digerakkan saat bermain game.
·
Scanner adalah alat untuk memindai atau menyalin
dokumen tercetak seperti gambar, foto,atau tulisan menjadi data digital yang
dapat diproses oleh komputer.
·
Touch screen atau layar sentuh adalah alat
masukan yang memungkinkan kita memasukkan data maupun instruksi ke komputer
melalui sentuhan. Anda dapat menjumpai touch screen di tempat-tempat umum yang
menyediakan informasi untuk umum atau di mesin ATM.
·
Kamera video atau sering disebut camcorder
adalah alat untuk merekam objek bergerak hingga menjadi file video atau film.
Camcorder termasuk alat input. Hasil rekaman dapat ditransfer ke komputer dan
diolah dengan perangkat lunak khusus. Hasilnya kemudian dapat kita salin ke
cakram CD atau DVD.
·
Kamera, Sebagian besar kamera foto yang beredar
saat ini merupakan kamera digital. Kamera digital lebih mudah digunakan karena
karena tidak menggunakan kertas film. Pengguna dapat mengambil gambar
sebanyakbanyaknya tanpa perlu takut gagal karena gambar yang buruk dengan mudah
dapat dihapus. Di samping itu, file foto digital lebih mudah dipindahkan.
2. Alat Proses
Proses kerja komputer merupakan
satu rangkaian kerjasama antar beberapa komponen.Kinerja komputer tidak
ditentukan atau didominasi oleh suatu alat, namun paduan dari sejumah komponen.
Di bawah ini adalah alat-alat proses yang digunakan oleh computer untuk
mengolah data.
a. Prosessor
Processor adalah alat utama yang
berfungsi mengolah data secara digital. Prosessor sering dijuluki otak
komputer. Perkembangan komputer tidak terlepas dari perkembangan prosessor dari
tahun ke tahun. Bahkan seri komputer dikendalikan oleh seri prosessor keluaran
terbaru.
b. RAM (Random
Access Memory )
RAM adalah sebuah tipe
penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses seketika tanpa 42 Fungsi dan
Proses Kerja Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi mempedulikan letak
data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan sequential memory (memori
urut), seperti pita magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari
memori tipe ini memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
c. Mainboard
Mainboard merupakan papan
elektronik untuk meletakkan berbagai macam komponen komputer seperti prosessor,
RAM, dan komponen lain. Meskipun mainboard tidak secara langsung tergolong
sebagai alat proses, namun keberadaannya sangat penting dalam komputer. Fungsi
mainboard antara lain mengorganisasikan, mengatur dan menentukan alat yang
terpasang pada komputer. Chipset dan program BIOS yang terdapat pada mainboard
berfungsi untuk mengatur dan mengkomunkasikan data maupun informasi yang
diproses di komputer.
3. Alat Simpan
a. Harddisk
Harddisk atau harddrive adalah
media penyimpanan yang terletak di dalam kotak CPU. Alat ini memiliki piringan
keras yang terbuat dari logam di dalamnya sehingga disebut cakram keras.
Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson, pada 1956.
Pada saat itu hardisk terdiri dari 50 piringan dengan ukuran 0,6 meter,
memiliki kecepatan 1.200 rpm (rotation per minutes) dan kapasitas 4,4 MB (4,4
juta byte). Kapasitas yang terbilang sangat kecil untuk ukuran saat ini.
Perkembangan hardisk begitu pesat. Dari ukuran 0,6 meter menjadi hanya 0,6 centimeter,dari
kapasitas 4,4 MB, kini sudah mencapai 1 TB (terabyte atau 1 trilyun byte)
dengan kecepatan hingga 10.000 rpm. Saat ini hardisk tidak hanya ditempatkan di
dalam kotak
b. CD/DVD-ROM
CD/DVD-ROM adalah alat yang
digunakan untuk membaca cakram CD atau DVD. Pada awalnya alat ini hanya bisa
membaca data saja. Perkembangan teknologi membuat CD/DVD drive dapat menulis
atau merekam data pada cakram CD atau DVD. CD-ROM atau DVD-ROM yang sanggup
menulis ke cakram CD/DVD disebut CD writer atau DVD writer. Secara fisik antara
Cdrom dengan DVDrom sama. Hanya saja kemampuannya yang berbeda. DVDrom sanggup
membaca data cakram cd. Namun sebaliknya Cdrom tidak sanggup membaca cakram
DVD.
c.
USB flashdisk
Media penyimpanan USB flashdisk
lebih populer disebut flashdisk. Bentuknya kecil dengan port USB di ujungnya
untuk menghubungkan diri dengan komputer. Kapasitas penyimpanan data sebuah
flashdisk cukup besar, mulai dari ratusan megabyte hingga beberapa gigabyte.
Ukuran yang kecil dan sifatnya yang mudah dibawa membuat flashdisk menjadi
peralatan wajib bagi pengguna komputer yang harus sering memindahkan data.
d. Disket
Disket merupakan media
penyimpanan data yang terbuat dari cakram magnetik lentur (floopy).
Kapasitasnya yang kecil, yakni 1,44 MB, membuat disket tidak banyak lagi
digunakan pada masa kini, kecuali untuk beberapa keperluan khusus.
e. Optical disk
Optical disk atau yang sering
disebut CD atau DVD merupakan media penyimpanan berbentuk cakram berdiameter
120 mm dengan lubang berdiameter 15 mm di tengahnya. Secara fisik, CD dan DVD
sangatlah mirip. Namun kapasitas penyimpanan data keduanya terpaut jauh. CD
hanya mampu menyimpan data hingga 700 MB, sedangkan DVD mampu menyimpan data
hingga 4,7 GB, bahkan 17 GB.
4. Alat Output
Informasi yang telah diproses
oleh komputer ditampilkan kepada pengguna melalui alat output. Beberapa alat
output yang banyak digunakan dalam system komputer adalah sebagai berikut.
a. Monitor
Monitor adalah alat output utama
dalam sistem komputer yang berfungsi menampilkan perintah maupun hasil
pengolahan data secara langsung. Dewasa ini kita mengenal dua jenis monitor,
yakni monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).
Besar kecilnya refresh rate monitor dapat kita atur melalui sistem operasi
komputer.
b. Printer
Printer adalah alat untuk
menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk cetakan. Hasil cetakan dapat
berupa teks, angka, maupun gambar. Ada tiga jenis printer yang saat ini beredar
di pasaran, yakni printer dot matrix, printer inkjet, dan printer laser.
Printer dot matrix adalah jenis printer yang menggunakan pita dan alat tulisnya
berupa jarum, mirip dengan mesin ketik. Meski printer ini sudah jarang
digunakan, namun kalangan bisnis dan perkantoran masih banyak yang menggunakan karena
hemat tinta dan dapat memghasilkan cetakan rangkap (misalnya untuk faktur dan
kuitansi). Printer inkjet adalah printer yang menggunakan tinta cair yang
disemprotkan ke atas kertas sesuai pola yang ditentukan oleh komputer. Printer
laser adalah jenis printer yang menggunakan tinta serbuk, serupa dengan mesin
fotocopy. Tinta serbuk tersebut disemprotkan ke atas kertas dan dipanaskan
hingga suhu tertentu agar melekat. Di antara ketiga jenis printer tersebut,
printer laser memiliki kualitas cetakan yang paling baik. Ukuran kecepatan
mencetak sebuah printer biasanya dinyatakan dalam satuan cps (character per
second), lpm (line per minute) atau ppm (page per minute).
c. Proyektor
LCD
Proyektor LCD adalah alat yang
berfungsi menampilkan objek yang dihasilkan computer ke bidang lain yang lebih
besar, misalnya layar presentasi atau tembok. Alat ini biasanya digunakan
sebagai alat bantu saat presentasi dan rapat maupun sebagai media pembelajaran.
Selain dihubungkan ke komputer, alat ini dapat juga dihubungkan ke VCD/DVD
player sehingga dapat difungsikan sebagai home theater. Ukuran kekuatan sinar
yang dipancarkan proyektor LCD proyektor biasanya dinyatakan dalam satuan ANSI
lumens. Semakin besar ANSI lumens, semakin tinggi pula intensitas cahaya yang
dipancarkan suatu proyektor LCD.
d. Speaker
Speaker merupakan alat output
audio. Fungsinya mengeluarkan suara dari pengolahan data audio yang terjadi di
dalam komputer. Saat ini, komputer tidak hanya berfungsi sebagai alat
komputasi, namun juga menjadi media hiburan. Tidak heran jika produk-produk
speaker aktif untuk computer memiliki kualitas suara yang bagus.
5. Periferal
Kartu jaringan (Network Interface
Card) NIC atau Network Interface Card adalah kartu jaringan yang berfungsi
menghubungkan satu komputer dengan komputer lain. Ada dua jenis kartu jaringan,
yaitu kartu jaringan yang menyatu dengan mainboard (onboard) dan kartu jaringan
yang harus ditambahkan pada slot PCI yang terdapat pada mainboard.
a. Modem
Modem berfungsi menghubungkan
satu komputer ke komputer lain atau ke Internet melalui jalur telepon. Modem
yang merupakan singkatan dari modulator demodulator mampu mengubah sinyal
digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Pada umumnya, modem memiliki
kecepatan 56 kbps. Ada dua jenis modem yang banyak kita jumpai, yakni modem
internal dan modem eksternal. Modem internal adalah modem yang terpasang pada
mainboard komputer di dalam kotak CPU, sementara modem eksternal adalah modem
yang dihubungkan melalui port USB atau port serial dan terletak di luar kotak
CPU.
b. Hub
Hub atau disebut juga switch hub
adalah sebuah alat yang digunakan sebagai terminal jaringan komputer yang
menggunakan kabel UTP. Jumlah port yang dimiliki hub bervariasi, mulai dari 8,
12, 16, 24 hingga 32 port. Semakin banyak port yang dimiliki suatu hub, semakin
banyak pula computer yang dapat dihubungkannya.
c. UPS
UPS atau Uninterupted Power
Supply adalah sebuah alat yang berfungsi memberikan tenaga listrik cadangan
pada saat listrik PLN tiba-tiba padam. Dengan UPS, computer masih akan tetap
hidup selama beberapa saat ketika listrik padam sehingga kita berkesempatan
menyimpan file dan mematikan komputer melalui prosedur yang benar.
2) Software
Suatu prosedur pengoperasian dari
komputer itu sendiri ataupun pelbagai prosedur dalam hal pemrosesan data yang
telah ditetapkan sebelumnya. Contoh : Sistem Operasi Windows dan Linux, Bahasa
Program Pascal dan visual basic, Paket Microsoft Office, dan lain sebagainya.
3) Brainware
Orang-orang yang bekerja secara
langsung dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu, ataupun orang-orang
yang tidak bekerja secara langsung menggunakan komputer, tetapi menerima hasil
kerja dari komputer yang berbentuk laporan
Jadi dapat disimpulkan bahwa
definisi dari sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen komputer
(Hardware, software, brainware) yang salin berhubungan (terintegrasi) dan
saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan
informasi sesuai dengan yang diharapkan.
B. CARA KERJA
DARI SISTEM KOMPUTER
Tahapan dari cara kerja sistem
komputer adalah data yang telah didapatkan dan dikumpulkan dimasukkan oleh
pemakai atau pengguna (brainware) pada perangkat input (input devices),
kemudian dengan metode tertentu data yang di-input-kan diolah atau diproses
oleh perangkat proses (process devices) dan selanjutnya dihasilkan informasi
oleh perangkat keluaran (output devices). Jadi pada dasarnya perangkat keras
(hardware) komputer dibagi menjadi 3 perangkat utama yaitu input device,
process devices, dan output devices.
Untuk memahami bagaimana siklus
dari pengolahan data pada system computer sebaiknya dipahami dulu apa itudata
dan informasi.
a) Definisi
Data
Data adalah sesuatu yang belum
mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data
bisa berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa
ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk
melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.
b) Definisi
Informasi
Informasi merupakan hasil
pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan
bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk
menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap
sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi
penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun
pemrosesan data.
C. Siklus
Pengolahan Data
Sistem komputer dalam melakukan
operasi pengolahan data terdiri dari tiga tahap dasar yaitu pemasukan data
(input), pengolahan data (processing), dan mengeluarkan hasil (output). Untuk
melangkah antara tahap satu ke tahap berikutnya pada perangkat keras yang
digunakan (hardware), harus diperintahkan atau dikendalikan oleh pemakai atau
pengguna (brainware), dengan menggunakan operasi atau perintah tertentu berupa
perangkat lunak (software) pada komputer.
Tahap pengembangan dari
pengolahan data dasar diatas yaitu ditambah dengan perangkat penyimpan data
atau informasi (storage devices), dan dibentuk dengan model siklus pengolahan
data (data processing cycle)
·
Origination : Proses pengumpulan data yang
berupa proses pencatatan data ke dokumen dasar
·
Input : Proses memasukan data ke dalam proses
komoputer melalui alat input (input device)
·
Processing :Proses pengolahan data dengan alat
pemroses (processing device) yang berupa proses menghitung,membandingkan,
mengklasifikasikan,mengurutkan, mengendalikan, atau mencari di storage
·
Output :Proses menghasilkan output dari hasil
pengolahan data dengan menggunakan alat output (output device), yaitu berupa
informasi.
·
Distribution :Proses dari distribusi output
kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi
Pengertian Software
Nama lain dari
Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak,
maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat
keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara
langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan
dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak
berwujud benda namun bisa untuk dioperasikan.
Pengertian
Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur
oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa
program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware
atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
Jenis-jenis Software atau Perangkat Lunak
Software atau
perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa
macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free
software, shareware, adware) .
Software berbayar
Software
berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil,
setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut
dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna
yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk
menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya.
contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows,
microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
Freeware
Freeware atau
perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis
digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan
penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau
untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali
membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun
juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki
kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai
program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh
utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga
didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
Free Software
Free Software
lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya,
namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open
Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL,
sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan
secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi
penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan
berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware,
shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program
dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.
Perbedaan yang
nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free
dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu,
dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama
seperti Freeware tidak harus gratis.
Shareware
Shareware juga
bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program
terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan
fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang
ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan
untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari
program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak
antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk
evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati
maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda
ingin tetap menggunakannya.
Kita juga dapat menemukan perangkat
lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program periklanan, distribusi
jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger
dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam
pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.
NAMA-NAMA APLIKASI DAN FUNGSINYA
1. Nama
Software
: Xing MPEG Player
Fungsinya
:
memutar CD, VCD
2. Nama
Software
: Linguist
Fungsinya
:
kamus bahasa inggris
3. Nama
Software
: Winamp
Fungsinya
:
memutar lagu – lagu MP3
4. Nama
Software :
Total Fonts 2002
Fungsinya
:
koleksi jenis huruf
5. Nama
Software
: Microsoft Word
Funsinya
: pengetikan
6. Nama
Software
: Microsoft Excel
Fungsinya
:
pembuatan tabel – table
7. Nama
Software
: Microsoft Front
Page
Fungsinya
:
pembuatan web site
8. Nama
software
: Microsoft Power
Point
Fungsinya
:
pembuatan presentasi
9. Nama
Software :
Microsoft Outlook
Fungsinya
:
pengaturan jadwal, email, nbr tlp, dll
10. Nama software
:
Adobe Acrobat Reader
Fungsinya
: program pembaca
dokumen tutorial
11. Nama software
:
LinSys 3D
Fungsinya
: gambar 3 dimensi
12. Nama software
: Winzip
Fungsinya
: program kompres
file ( memperkecil ukuran )
13. Nama
Software
: Macromedia
Dreamweaver
Fungsinya
: pembuatan web
site
14. Nama Sofware
: Macromedia Flash
Fungsinya
: pembuatan gambar
animasi
15. Nama Software
: Macromedia Free
Hand
Fungsinya
: pembuatan gambar
16. Nama Software
: Visual Studio
Fungsinya
: komputer
programming
17. Nama software
: Microsoft Web
Publishing
Fungsimya
: pengiriman data
website ke dunia internet
18. Nama Software
: Corel Draw
Fungsinya
: pembuatan gambar
19. Nama Software
: ACD See
Fungsinya
: melihat – lihat
gambar
20. Nama Software
: Swish
Fungsinya
: pembuatan animasi
21. nama
software
: Easy.GIF.Animator Pro
fungsinya
:untuk membuat gambar-gambar bergerak/animasi berformat gif
22. nama
software : Avan WebEasy Prof
fungsinya
: untuk membuat website dengan mudah
23. Nama software :Pinacle Studio
v.12
fungsinya ; editing video
24. Nama software :
WinRar_Password_Remover
fungsinya
:untuk membuka file rar yang dipassword
25. Nama software
:CleanMyPC.Registry.Cleaner
fungsinya
:Untuk membersihkan dan merapihkan file-file yang tidak terpakai
PERKEMBANGAN
SISTEM OPERASI KOMPUTER DARI AWAL SAMPAI SEKARANG
Sistem
operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas
untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi
dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program
pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem
Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat
dengan OS.
Sistem
Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada
memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram)
pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan
setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan
layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut
seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user.
Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti
umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian
kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel
suatu Sistem Operasi.
Menurut
Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat
dibagi kedalam empat generasi:
1. Generasi
Pertama (1945-1955)
Generasi
pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai
pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk
menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan,
kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka
sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
2. Generasi
Kedua (1955-1965)
Generasi kedua
memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu
rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer
belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah
ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS (Fortran Monitoring System) dan
IBSYS. Jadi generasi komputer kedua ini merupakan generasi pertama dari sistem
Operasi.
3. Generasi
Ketiga (1965-1980)
Pada generasi
ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai
sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara
on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak
pengguna sekaligus) dan multi-programming (melayani banyak program sekaligus).
4. Generasi
Keempat (Pasca 1980an)
Dewasa ini,
sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari
keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa
ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu
antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga
dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat
di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang
lebih baik.
Adapun sejarah
sistem operasi yang dirinci dari tahun 1980an. Artikel ini menguraikan sejarah
sistem operasi dari DOS, Mac, Windows, BSD, sampai Linux.
1956
GM-NAAI/O :
Sistem operasi pertama ini digunakan pertama kali oleh General Motors pada
komputer besar IBM 704. Namun, sistem ini tidak lebih hebat dari Batch
Processing.
1969
Unix : Sistem
operasi modern pertama ini dikembangkan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie
yang saat itu membutuhkan sebuah platform yang cepat untuk game “Space Travel”
mereka.
1973
XeroxAlto :
Sistem pertama dengan graphical interface yang hanya digunakan untuk penelitian
sampai 1981
1980
QDOS : Tim
Paterson dari Seattle Computer menulis QDOS yang dibuat dari OS terkenal pada
masa itu, CP/M. QDOS (Quick and Dirty Operating System) dipasarkan oleh Seatle
Computer dengan nama 86-DOS karena dirancang untuk prosesor Intel 8086.
Microsoft :
Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan menjualnya ke berbagai
perusahaan komputer.
1981
PC DOS :
IBM meluncurkan PC DOS yang dibeli dari Microsoft untuk komputernya yang
berbasis prosesor Intel 8086.
MS DOS :
Microsoft menggunakan nama MS DOS untuk OS ini jika dijual oleh
perusahaan diluar IBM.
1983
MS DOS
2.0 : Versi 2.0 dari MS DOS diluncurkan pada komputer PC XT.
1984
System 1.0 :
Apple meluncurkan Macintosh dengan OS yang diturunkan dari BSD UNIX. System 1.0
merupakan sistem operasi pertama yang telah berbasis grafis dan menggunakan
mouse.
MS DOS 3.0 :
Microsoft meluncurkan MS DOS 3.0 untuk PC AT yang menggunakan chip Intel 80286
dan yang mulai mendukung penggunaan hard disk lebih dari 10 MB.
MS DOS 3.1 :
Microsoft meluncurkan MS DOS 3.1 yang memberikan dukungan untuk jaringan.
1985
MS Windows 1.0
: Microsoft memperkenalkan MSWindows, sistem operasi yang telah menyediakan
lingkungan berbasis grafis (GUI) dan kemampuan multitasking. Sayangnya sistem
operasi ini sangat buruk performanya dan tidak mampu menyamai kesuksesan Apple.
Novell Netware
: Novell meluncurkan sistem operasi berbasis jaringan Netware 86 yang dibuat
untuk prosesor Intel 8086.
1986
MS DOS
3.2 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.2 yang menambahkan dukungan untuk
floppy 3.5 inch 720 KB.
1987
OS/2 : IBM
memperkenalkan OS/2 yang telah berbasis grafis, sebagai calon pengganti IBM PC
DOS.
MS DOS
3.3 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.3 yang merupakan versi paling
populer dari MS DOS.
Windows 2.0 :
Windows versi 2.0 diperkenalkan.
MINIX : Andrew
S. Tanenbaum mengembangkan Minix, sistem operasi berbasis Unix yang ditujukan
untuk pendidikan. MINIX nantinya menginspirasi pembuatan Linux.
1988
MS DOS
4.0 : Microsoft mengeluarkan MS DOS 4.0 dengan suasana grafis.
WWW : Proposal
World Wide Web (WWW) oleh Tim Berners Lee.
1989
NetWare/386
(juga dikenal sebagai versi 3) diluncurkan oleh Novell untuk prosesor Intel
80386.
1990
Perpisahan :
Dua perusahaan raksasa berpisah, IBM berjalan dengan OS/2 dan Microsoft
berkonsentrasi pada Windows.
Windows 3.0 :
Microsoft meluncurkan Windows versi 3.0 yang mendapat sambutan cukup baik.
MS Office :
Microsoft membundel Word, Excel, dan PowerPoint untuk menyingkirkan saingannya
seperti Lotus 1 2 3, Wordstar, Word Perfect dan Quattro.
DR DOS :
Digital Research memperkenalkan DR DOS 5.0.
1991
Linux 0.01 :
Mahasiswa Helsinki bernama Linus Torvalds mengembangkan OS berbasis Unix dari
sistem operasi Minix yang diberi nama Linux.
MS DOS 5.0 :
Microsoft meluncurkan MS DOS 5.0 dengan penambahan fasilitas full -screen
editor, undelete, unformat dan Qbasic.
1992
Windows 3.1 :
Microsoft meluncurkan Windows 3.1 dan kemudian Windows for Workgroups 3.11 di
tahun berikutnya.
386 BSD : OS
berbasis Open Source turunan dari BSD Unix didistribusikan oleh Bill Jolitz
setelah meninggalkan Berkeley Software Design, Inc (BSDI). 386 BSD nantinya
menjadi induk dari proyek Open Source BSD lainnya, seperti NetBSD, FreeBSD, dan
OpenBSD.
Distro Linux :
Linux didistribusikan dalam format distro yang merupakan gabungan dari OS plus
program aplikasi. Distro pertama Linux dikenal sebagai SLS (Softlanding Linux
System).
1993
Windows NT :
Microsoft meluncurkan Windows NT, OS pertama berbasis grafis tanpa DOS
didalamnya yang direncanakan untuk server jaringan.
Web Browser :
NCSA memperkenalkan rilis pertama Mosaic, browser web untuk Internet.
MS DOS
6.0 : Microsoft memperkenalkan MS DOS 6.0 Upgrade, yang mencakup program
kompresi harddisk DoubleSpace.
Slackware :
Patrick Volkerding mendistribusikan Slackware Linux yang menjadi distro populer
pertama di kalangan pengguna Linux.
Debian : Ian
Murdock dari Free Software Foundation (FSF) membuat OS berbasis Linux dengan
nama Debian.
MS DOS
6.2 : Microsoft meluncurkan MS DOS 6.2.
NetBSD :
Proyek baru OS berbasis Open Source yang dikembangkan dari 386BSD dibuat dengan
menggunakan nama NetBSD.
FreeBSD :
Menyusul NetBSD, satu lagi proyek yang juga dikembangkan dari 386BSD dibuat
dengan nama FreeBSD.
1994
Netscape :
Internet meraih popularitas besar saat Netscape memperkenalkan Navigator
sebagai browser Internet.
MS DOS 6.22 :
Microsoft meluncurkan MS DOS 6.22 dengan program kompresi bernama DriveSpace.
Ini merupakan versi terakhir dari MS DOS.
FreeDOS : Jim
Hall, mahasiswa dari Universitas Wisconsin River Falls Development
mengembangkan FreeDOS. FreeDOS dibuat setelah Microsoft berniat menghentikan
dukungannya untuk DOS dan menggantikannya dengan Windows 95.
SuSE : OS
Linux versi Jerman dikembangkan oleh Software und System Entwicklung GmbH
(SuSE) dan dibuat dari distro Linux pertama, SLS.
Red Hat : Marc
Ewing memulai pembuatan distro Red Hat Linux.
1995
Windows 95 :
Microsoft meluncurkan Windows 95 dengan lagu Start Me Up dari Rolling Stones
dan terjual lebih dari 1 juta salinan dalam waktu 4 hari.
PC DOS 7 : IBM
memperkenalkan PC DOS 7 yang terintegrasi dengan program populer pengkompres
data Stacker dari Stac Electronics. Ini merupakan versi terakhir dari IBM PC
DOS.
Windows CE :
Versi pertama Windows CE diperkenalkan ke publik.
PalmOS : Palm
menjadi populer dengan PalmOS untuk PDA.
OpenBSD : Theo
de Raadt pencetus NetBSD mengembangkan OpenBSD.
1996
Windows NT 4.0
: Microsoft meluncurkan Windows NT versi 4.0
1997
Mac OS : Untuk
pertama kalinya Apple memperkenalkan penggunaan nama Mac OS pada Mac OS 7.6.
1998
Windows 98 :
Web browser Internet Explorer menjadi bagian penting dari Windows 98 dan
berhasil menumbangkan dominasi Netscape Navigator.
Server Linux :
Linux mendapat dukungan dari banyak perusahaan besar, seperti IBM, Sun
Microsystem dan Hewlet Packard. Server berbasis Linux mulai banyak dipergunakan
menggantikan server berbasis Windows NT.
Google :
Search Engine terbaik hadir di Internet dan diketahui menggunakan Linux sebagai
servernya.
Japan Goes
Linux : TurboLinux diluncurkan di Jepang dan segera menjadi OS favorit di Asia,
khususnya di Jepang, China dan Korea.
Mandrake :
Gael Duval dari Brazil mengembangkan distro Mandrake yang diturunkan dari Red
Hat.
1999
Support :
Hewlett Packard mengumumkan layanan 24/7 untuk distro Caldera, Turbo Linux, Red
Hat dan SuSE.
Corel Linux :
Corel pembuat program Corel Draw, yang sebelumnya telah menyediakan Word
Perfect versi Linux, ikut membuat OS berbasis Linux dengan nama Corel Linux dan
yang nantinya beralih nama menjadi Xandros.
2000
Mac OS/X : Mac
OS diganti dengan mesin berbasis BSD Unix dengan kernel yang disebut sebagai
Mac OS/X.
Windows 2000:
Microsoft meluncurkan Windows 2000 sebagai penerus Windows NT.
Windows Me :
Microsoft meluncurkan Windows Me, versi terakhir dari Windows 95.
China Goes
Linux : Red Flag Linux diluncurkan dari Republik Rakyat China.
Microsoft vs
IBM : CEO Microsoft Steve Ballmer menyebut Linux sebagai kanker dalam sebuah
interview dengan Chicago Sun Times. Di lain pihak, CEO IBM Louis Gartsner
menyatakan dukungan pada Linux dengan menginvestasikan $ 1 milyar untuk
pengembangan Linux.
2001
Windows XP :
Microsoft memperkenalkan Windows XP.
Lindows:
Michael Robertson, pendiri MP3.com, memulai pengembangan Lindows yang
diturunkan dari Debian. Nantinya Lindows berganti nama menjadi Linspire karena
adanya tuntutan perubahan nama oleh Microsoft.
2002
Open Office :
Program perkantoran berbasis Open Source diluncurkan oleh Sun Microsystem.
OS Lokal : OS
buatan anak negeri berbasis Linux mulai bermunculan, diantaranya Trustix
Merdeka, WinBI, RimbaLinux, Komura.
2003
Windows 2003 :
Microsoft meluncurkan Windows Server 2003.
Fedora :
Redhat mengumumkan distro Fedora Core sebagai penggantinya. Nantinya ada
beberapa distro lokal yang dibuat berbasiskan Fedora, seperti BlankOn 1.0 dan
IGOS Nusantara.
Novell :
Ximian, perusahaan pengembang software berbasis Linux dibeli oleh Novell,
begitu juga halnya dengan SuSE yang diakuisisi oleh Novell.
LiveCD :
Knoppix merupakan distro pertama Linux yang dikembangkan dengan konsep LiveCD
yang bisa dipergunakan tanpa harus diinstal terlebih dahulu. Distro lokal yang
dibuat dari Knoppix adalah Linux Sehat dan Waroeng IGOS.
2004
Ubuntu : Versi
pertama Ubuntu diluncurkan dan didistribusikan ke seluruh dunia. Ada beberapa
versi distro yang dikeluarkan, yaitu Ubuntu (berbasis Gnome), Kubuntu (berbasis
KDE), Xubuntu (berbasis XFCE), dan Edubuntu (untuk pendidikan).
2005
Mandriva :
Mandrake bergabung dengan Conectiva dan berganti nama menjadi Mandriva.
2006
Unbreakable
Linux : Oracle ikut membuat distro berbasis Linux yang diturunkan dari Red Hat
Enterprise.
CHIPLux :
Distro lokal terus bermunculan di tahun ini, bahkan Majalah CHIP yang lebih
banyak memberikan pembahasan tentang Windows juga tidak ketinggalan membuat
distro Linux dengan nama CHIPLux, yang diturunkan dari distro lokal PC LINUX
dari keluarga PCLinuxOS (varian Mandriva). CHIPLux merupakan distro lokal pertama
yang didistribusikan dalam format DVD.
2007
Vista :
Setelah tertunda untuk beberapa lama, Microsoft akhirnya meluncurkan Windows
Vista. Windows Vista memperkenalkan fitur 3D Desktop dengan Aero Glass,
SideBar, dan Flip 3D. Sayangnya semua keindahan ini harus dibayar mahal dengan
kebutuhan spesifikasi komputer yang sangat tinggi.
2008
3D OS : Tidak
seperti halnya Vista yang membutuhkan spesifikasi tinggi, 3D Desktop di Linux
muncul dengan spesifikasi komputer yang sangat ringan. Era hadirnya teknologi
3D Desktop di Indonesia ditandai dengan hadirnya sistem operasi 3D OS yang
dikembangkan oleh PC LINUX. Ada beberapa versi yang disediakan, yaitu versi 3D
OS untuk pengguna umum serta versi distro warnet Linux dan game center Linux.
2010
Windows7 :
Sistem Operasi ini merupakan penyempurna dari sistem operasi yang di buat
sebelumnya oleh microsoft. Bisa dikatakan bahwa sistem operasi ini merupakan
sistem operasi terbaik yang ada pada saat ini.
2012
Dan sekarang
yang Sistem Operasi terbaru yang telah dilincurkan oleh Microsoft adalah
Windows 8. Sistem Operasi ini memliki tampilan yang sangat menarik dibandingkan
dengan Windows-Windows lain yang sebelumnya.26. Nama software
: xampp
NAMA : ADE PUTRA SETIAWANSYAH
NIM :411307110
UNIT :6
JUR :KPI (komunikasi penyiaran islam)
FAK :DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UIN ARRANIRY
No comments:
Post a Comment